Sekilas Info

Surat Suara Pemilu Legislatif untuk Kota Ambon sudah Digudangkan di Sport Hall Karang Panjang

Kontener pertama yang memuat surat suara pemilu 2019 dengan nomor kontener 7016971 dibuka segelnya oleh anggota KPU Prov. Maluku La .Alwi dan Anggota Bawaslu Prov. Maluku Dr. Subair pada Minggu 10 Maret 2019 pukul 11.00 WIT yang memuat surat suara pemilu 2019 untuk kota Ambon.

satumalukuID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Ambon menerima sebanyak 693 box surat suara pemilihan legislatif DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD kota.

Ratusan boks berisi surat suara Pemilu 2019, setelah dilakukan pembongkaran dari kontainer langsung dibawa ke gudang logistik pemilu Sport Hall Karang Panjang, kata Komisioner KPU kota Ambon, M.Shadek Fuad, di Ambon, Minggu.

Ia mengatakan, surat suara pemilu untuk provinsi Maluku tiba di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon sejak Sabtu malam (9/3) menggunakan KM Strait dari Makassar, Sulawesi Selatan. Pengawasan Pendistribusian surat suara yg di awasi langsung dan melekat oleh Bawaslu Provinsi dan 11 Bawaslu Kab/kota se provinsi maluku berlangsung di pelabuhan yosudarso ambon. Kapal Starait Mas yang memuat 7 kontener Surat suara yg berisi 3.817 dos tiba di pelabuhan yosudarso Pada pukul 09.00 WIT

Proses penurun kontener dari kapal ke pelabuhan yg di awasi langsung oleh Bawaslu dan 11 Bawaslu Kab/kota mulai pada 23.00 WIT sampai dengan pukuk 04.45 WIT dini hari.

Minggu 10 Maret 2019 Kontener pertama yang memuat surat suara pemilu 2019 dengan nomor kontener 7016971 dibuka segelnya oleh anggota KPU Prov. Maluku La .Alwi dan Anggota Bawaslu Prov. Maluku Dr. Subair pada pukul 11.00 WIT yang memuat surat suara pemilu 2019 untuk kota ambon.

"Setelah dilakukan pembongkaran surat suara dari kontainer, logistik untuk kota Ambon dibawa ke gudang logistik sport hall dengan kawalan aparat kepolisian dan diawasi Panwaslu kota Ambon," ucapnya.

Shadek menjelaskan, logistik surat suara yang baru tiba adalah surat suara untuk pileg DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD kota Ambon.

"Sedangkan surat suara DPD dan surat suara Pilpres akan dikirim dalam waktu dekat," ujarnya.

Ia mengakui, setelah menerima surat suara maka dalam waktu dekat akan ditindaklanjuti dengan proses sortir dan pelipatan surat suara.

Selain menerima surat suara, pihaknya juga telah menerima kotak suara, formulir, tinta dan kelengkapan lainnya di TPS.

"Alat kelengkapan di TPS seperti spidol, lem, benang, bantal spon, tanda pengenal KPPS, saksi dan lainnya telah diterima, kita telah melakukan sortir untuk mendata kekurangan dan melaporkan ke KPU pusat untuk pergantian logistik yang kurang maupun yang cacat," katanya.

Ditambahkannya, penyortiran dan pelipatan surat suara akan dilakukan di Sport Hall Karang Panjang Ambon.

"Sesuai rencana pelipatan surat suara akan dilakukan Senin (11/3) yang diawali dengan arahan bagi petugas yang akan melakukan pelipatan," tegas Shadek. (penina f mayaut/ant)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!