Sekilas Info

MISS INDONESIA

Maluku Pernah Nyaris Meraih Gelar Miss Indonesia lewat Keikutsertaan Kartika Indah Pelapory

Kartika Indah Pelapory

satumalukuID - Kontestan asal Maluku pernah menoreh sejarah terpilih sebagai Puteri Indonesia 1995 lewat penampilan Susanty Manuhutu. Sementara di ajang Miss Indonesia, dari 13 kali penampilan nona-nona Maluku, prestasi terbaik diraih Kartika Indah Pelapory.

Pada ajang final Miss Indonesia 2008. Indah Pelapory nyaris meraih gelar Miss Indonesia setelah melaju hingga tiga besar.

Saat itu usia Indah Pelapory baru 21 tahun. Dia adalah salah satu artis yang pernah membintangi sinetron Rumah Pondok Indah, Lentera Merah dan Cewe Matrepolis.

Kecantikan dan kepercayaan diri Indah Pelapory mengantarkan dirinya maju hingga tiga besar Miss Indonesia 2008. Sayangnya, dewan juri menjatuhkan pilihan Miss Indonesia 2008 kepada Sandra Angelia, kontestan Jawa Timur. Indah kemudian ditetapkan sebagai Runner Up I Miss Indonesia 2008.

Lulusan California State University Los Angeles Amerika Serikat itu juga meraih gelar Miss Healty Hair di ajang Miss Indonesia 2008. Hingga saat ini, prestasi Indah Pelapory belum bisa disamai atau dilewati semua kontestan Maluku yang bertarung di ajang Miss Indonesia

Pemilihan Miss Indonesia, mulai digelar tahun 2005. Saat itu, Maluku belum berpartisipasi. Baru pada pelaksanaan pemilihan Miss Indonesia 2006, wanita Maluku mulai unjuk gigi.

Saat itu, Albertina Fransisca “Chika” Mailoa menjadi kontestan Maluku. Dia baru berusia 22 tahun. Keikutsertaan Chika Mailoa cukup membanggakan Maluku, karena partisipasi perdana wanita Maluku sudah mencatatkan namanya di 10 besar Miss Indonesia.

Kendati belum menjadi terbaik di ajang Miss Indonesia, namun pengalaman di ajang itu, memotivasi Chika yang akhirnya mengharumkan nama Maluku di ajang pemilihan Puteri Pariwisata Indonesia 2008. Di ajang ini, Chika menjadi Juara.

Di ajang Final Miss Indonesia 2019 tahun ini Yolanda Luciana Tuasela kemudian mencetak prestasi sebagai Runner Up V.   Sebuah prestasi yang membanggakan dan diharapkan bisa memotivasi milenial Maluku lainnya.  (petra josua)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!