Sekilas Info

Ribuan Milenial Tual, Dobo, dan Masohi Meriahkan Ajang MRS Festival 2019

satumalukuID -Puncak acara Millennial Road Safety (MRS) Festival 2019 di Maluku, tidak hanya dilaksanakan di Kota Ambon, tetapi juga di sejumlah ibukota kabupaten diantaranya Tual, Dobo dan Masohi, Sabtu (2/3)

Di Tual, MRS Festival 2019 diselenggarakan oleh Polres Maluku Tenggara (Malra) di Lapangan Lodar El Kota Tual. Dimulai sejak pukul 07.00 hingga 12.00 WIT, acara diisi rangkaian kegiatan, antara lain panggung hiburan yang menampilkan artis dan band nasional maupun lokal.

Selain itu, senam sehat bersama, pertunjukan "free style" oleh komunitas motor, dan pemberian door prize kepada peserta.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Malra, AKBP Indra Fadhilla Siregar dan jajarannya, Wakil Bupati Malra, Petrus Beruatwarin beserta jajaran, jajaran Pemkot Tual, TNI, instansi vertikal, swasta, kelompok pemuda-pemudi, serta pelajar.

Kendati diguyur hujan, kaum milenial dan peserta yang hadir tidak beranjak pergi dari lokasi kegiatan hingga selesai.

Kapolres mengatakan, MRS Festival bertujuan untuk mengampanyekan tentang pentingnya pengetahuan keselamatan berkendaraan, khususnya kepada generasi milenial di wilayah Kabupaten Malra dan Kota Tual.

"MRS Festival digelar untuk mewujudkan kaum milenial yang cinta lalu lintas aman dan tertib menuju Indonesia gemilang. Acara ini juga dimaksudkan untuk menumbuhkan kembali kesadaran masyarakat akan pentingnya keselamatan berkendaraan," katanya.

Dalam kegiatan MRS Festival di Tual dan Malra, yang sudah berlangsung sejak beberapa waktu lalu, diadakan sosialisasi dan pemahaman keselamatan berlalu lintas di sekolah-sekolah, perguruan tinggi, komunitas motor, pangkalan ojek, dan pesiar di dua daerah itu.

Kegiatan puncak peringatan mrs festival juga berlangsung pada seluruh Polres di lingkup Polda Maluku, dan khusus untuk Polres Pulau Aru dilakukan tarian kolosal serta menghadirkan artis Jopy Latul.

Sebanyak 3.456 warga muda-mudi Kota Dobo, ibu kota Kabupaten Kepulauan Aru hadir sejak pagi hari untuk mengikuti deklarasi keselamatan berlalu lintas dan kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Bupati Kepulauan Aru, Johan Gonga.

Kapolres Kepulauan Aru, AKBP Adolf Bormasa mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan karena jumlah kecelakaan lalu lintas dari 1 Januari hingga 31 Desemeber 2018 mencapai 32.000 di seluruh Indonesia dan terbanyak adalah kaum milenial yang menjadi korban.

"Sehingga Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian diinstruksikan untuk mengantisipasi dan mengurangi angka laka lantas lewat kegiatan ini," kata Kapolres.

Maka melalui kegiatan ini, kaum milenial diajak untuk menaati rambu-rambu lalu lintas di jalan, kemudian oleh Satlantas Polres bersama Dishub Kepulauan Aru menata kembali rambu-rambu lalu lintas termasuk infrastruktur jalan.

Kapolres juga menghadirkan salah seorang wanita yang menjadi korban laka lantas untuk memberikan testimoni di hadapan ribuan warga Kepulauan Aru dengan menceriterakan kisahnya saat mengalami laka lantas.

Sementara di Masohi, Maluku Tengah, puncak MRS Festival 2019 dilaksanakan di depan Baileo Soekarno Masohi Pendopo jalan Pattimura Kelurahan Namaelo, Kecamatan Kota Masohi. Ribuan warga juga terlibat dalam kegiatan tersebut. (jimmy ayal/daniel leonard/ant)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!