Sekilas Info

Menjamin Kepastian Usaha, Perda Zonasi Wilayah Pesisir dan PP Kecil di Maluku Bermanfaat

Dok: Kemendesa PDT Suasana di salah satu pesisir di Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku.

satumalukuID – Provinsi Maluku merupakan salah satu dari sejumlah daerah di Indonesia yang sudah memiliki Peraturan Daerah (Perda) Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K).

Kehadiran Perda RZWP3K ini merupakan instrumen yang sangat penting sebagai dasar izin lokasi dan izin pengelolaan untuk investasi kegiatan pembangunan di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil.

"Penataan ruang di wilayah pesisir dan pulau kecil bertujuan agar meminimalkan konflik pemanfaatan ruang dan memberi kepastian hukum bagi kegiatan usaha," kata Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (PRL) KKP Brahmantya Satyamurti Poerwadi di Jakarta, Jumat (1/3/2019)

Menurut data Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), selain Maluku ada 16 provinsi lain yang telah memiliki Perda RZWP3K.

Sejak 2014, terdapat kesepakatan bersama antara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Menteri Kelautan dan Perikanan, serta 34 gubernur seluruh Indonesia tentang Rencana Aksi Gerakan Nasional Penyelamatan Sumber Daya Alam (GNP-SDA) sektor kelautan, dengan salah satu agendanya adalah percepatan penyusunan rencana zonasi wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil (RZWP3K).

Ketujuh belas provinsi yang telah memiliki RZWP3K adalah Gorontalo, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sumatera Barat, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Kemudian, ada juga Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Maluku, Maluku Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, dan Lampung.

Ada empat provinsi telah di evaluasi Kemendagri, yaitu Sulawesi Tenggara, Jawa Barat, Sumatera Utara, dan Sulawesi Selatan. Serta dua provinsi dalam proses pembahasan di DPRD yaitu Aceh dan Bengkulu.

Sementara itu, ada 11 provinsi yang masih dalam proses penyelesaian dokumen RZWP3K, yaitu DKI Jakarta, Banten, Kepulauan Riau, Papua Barat, Jambi, Riau, Bali, Kalimantan Timur, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, dan Papua. (Ade Irma Junida/ant)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!