Sekilas Info

Kejaksaan Negeri Maluku Tengah Musnahkan Barang Bukti Narkoba dan Senjata Api Rakitan

satumalukuID - Kejaksaan Negeri Maluku Tengah memusnahkan sejumlah barang bukti hasil kejahatan para pelaku tindak pidana narkotika dan kepemilikan senjata api rakitan yang sudah melewati proses persidangan serta memiliki kekuatan hukum tetap.

"Acara pemusnahan barang bukti yang dipimpin Kajari Maluku Tengah Robinson Sitorus ini dilakukan dengan cara dibakar dan dihancurkan," kata Kasie Penkum dan Humas Kejati Maluku, Sammy Sapulette di Ambon, Jumat.

Para oknum pelaku tindak pidana umum yang memiliki keterkaitan dengan barang bukti yang dimusnahkan ini sudah divonis penjara dan mereka telah menjalaninya.

Kegiatan pemusnahan barang bukti juga disaksikan Kepala Dinas Kesehatan Malteng, Jeni Adijaya, Wakil ketua Pengadilan Negeri Masohi, Agus Ardianto, Pasiter Kodim 1502/Masohi Kapten Arm A. Prabowo, Kasi Pidum Kejari Malteng, Donal Retob, Kanit II Tipikor Polres Malteng, J. Manusama yang mewakili Kapolres.

Menurut Samy, sebelum dilakukan pemusnahan barang bukti, para saksi yang hadir telah melakukan penandatanganan berita acara pemusnahan.

Barang Bukti yang dibakar diantaranya, empat paket butiran kristal bening sabu-sabu, tiga buah telepon genggam Nokia Tipe X2, 79 paket narkotika golongan satu jenis tanaman berupa ganja, dan sejumlah pakaian.

Pakaian berupa baju atau celana panjang ini sering dipakai para pelaku sebagai modus operandi untuk menyisipkan narkoba baik sabu atau pun ganja lalu dipaket, kemudian dikirim melalui perusahaan jasa penitipan barang.

Sementara barang bukti lain yang dihancurkan dalam acara pemusnahan itu diantaranya satu pucuk senjata api rakitan laras panjang, satu pucuk senjata api rakitan laras pendek, besi pendongkrak selongsong peluru, ditambah sembilan butir peluru M16 kaliber 5,56 milimeter. (Daniel Leonard/ant)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!