Sekilas Info

Masyarakat Dambakan Pos SAR, Pemkab Seram Bagian Timur Siapkan Lahan Khusus

satumalukuID - Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Timur telah menyiapkan lahan khusus untuk membangun satu unit Pos SAR, agar setiap waktu dapat memberikan bantuan dan pertolongan kepada masyarakat ketika terjadi kecelakaan laut.

"Masyarakat setempat sangat mendambakan keberadaan pos SAR serta para petugas keselamatan karena wilayah SBT cukup rentan dengan kejadian kecelakaan laut," kata anggota DPRD Maluku, Constansius Kolatfeka di Ambon, Rabu (27/2/2019).

Anggota legislator asal dapil Kabupaten SBT ini mengatakan, bila unit pos SAR dibangun di Bula maka wilayah Gorom, Kesui, Teor, Kataloka, dan sekitarnya akan dicover oleh dua kantor Pos SAR.

"Masyarakat di kawasan itu akan dibantu oleh Pos SAR Tual dan Unit Pos SAR Bula, jika sewaktu-waktu terjadi kecelakaan laut, baik oleh nelayan atau pun armada rakyat," ujarnya.

Kalau jarak tempuh dari Bula ke pulau Gorom, Teor, dan sekitarnya sekitar delapan jam sementara dari Kota Tual hanya sekitar empat jam, sehingga jalur ini selalu digunakan warga untuk bepergian baik ke Tual atau pun Bula.

Sebelumnya Kepala Kantor Basarnas Ambon, Muslimin mengatakan kesediaannya membangun satu unit pos SAR pada daerah rawan kecelakaan laut di wilayah Kabupaten SBT sesuai permintaan masyarakat setempat.

"Kami memang sudah menerima kunjungan perwakilan masyarakat maupun perwakilan anggota DPRD Maluku dan DPRD Kabupaten SBT beberapa hari lalu untuk membahas persoalan ini," katanya.

Pada dasarnya pihak Kantor Basarnas Ambon siap memenuhi aspirasi yang disampaikan, namun dengan catatan pemerintah kabupaten harus mendukung atau menyiapkan tempat untuk dibukanya unit pos SAR.

Basarnas menyadari kondisi geografis wilayah Maluku terdiri dari pulau-pulau yang letaknya berjauhan dan rentan dengan masalah kecelakaan di laut, mengingat aktivitas masyarakat yang melakukan pelayaran antarpulau atau profesinya sebagai nelayan.

Dari sembilan kabupaten dan dua kota di Provinsi Maluku, keberadaan Pos SAR atau pun unit pos SAR yang ada masih terbatas namun wilayah kerjanya bisa mencakup beberapa kawasan yang cepat dijangkau. (Daniel Leonard/ant)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!