Sekilas Info

Pengembangan Kampung KB Hative Kecil Ambon Sejalan dengan Program Pemberdayaan

satumalukuID – Pembentukan Kampung KB di Negeri Hative Kecil Kecamatan Sirimau Kota Ambon, sejalan dengan program pemberdayaan yang ada di negeri tersebut.

Kepada wartawan di Ambon Selasa (26/2/2019), Raja Hative Kecil Josias J. Muriany mengatakan, program Kampung KB merupakan program pemerintah yang telah digalakan dimana-mana, setiap negeri/desa harus mempunyai satu percontohan Kampung KB,sehingga suatu keharusan bagi Negeri Hative Kecil membentuk Kampung KB.

“Bukan saja kita menjalankan program pemerintah tapi karena program Kampung KB tersebut dapat juga meningkatkan taraf hidup masyarakat,” ujarnya.

Khusus Negeri Hative Kecil, pembetukan Kampung KB, berlokasi di RW/3. RT 4,5 dan 6 berpusat di jembatan Loga-Loga.

Untuk itu lanjut Raja, pembetukan Kampung KB di RW 3 sudah sesuai dengan persyaratan pembentukannya harus berada pada wilayah padat penduduknya di Negeri Hative Kecil.

Dimana RW 3 juga tempat berbaurnya lapisan masyarakat yang ada di Indonesia, jadi perlu adanya perhatian khusus baik itu dari Pemerintah Negeri maupun instansi terkait lainnya.

“Di dalam Kampung KB bukan saja program Keluarga Berencana yaitu penurunan angka kelahiran, kesehatan ibu dan anak saja tapi lebih daripada itu yaitu soal pemberdayaan keluarga,” ucap Muriany.

Tambahnya lagi bahwa Kampung KB menjadi program inovatif dan menjadi model atau miniatur pembangunan yang melibatkan seluruh sektor di masyarakat.

“Selain itu, manfaat Kampung KB, selain bisa mengentaskan kemiskinan, juga mendekatkan pembangunan kepada masyarakat. Intinya program ini melibatkan semua sektor pembangunan. Dengan kata lain, Kampung KB tak hanya berbicara soal membatasi ledakan penduduk, tapi juga memberdayakan potensi masyarakat agar berperan nyata dalam pembangunan.

Sehingga sewajarnya kata Raja Hative Kecil, Kampung KB didukung penuh oleh Pemerintah Negeri Hative Kecil dan harus ada di Negeri yang Ia pimpin, semua itu dalam rangka mempercepat penutusan kemiskinan di daerahnya.

Dengan pembentukan Kampung KB di negerinya, Ia berarap adanya sinergitas dalam mengembangkan Kampung KB sehingga dapat segera meningkatkan kualitas hidup masyarakat sehingga dapat mewujudkan keluarga kecil berkualitas di RW 3 Negeri Hative Kecil. (SM-10).

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!