Sekilas Info

Pelaksanaan UNBK di Maluku Capai 94,34 Persen, Kota Ambon 100 Persen

Saat pelaksanaan UNBK di SMP Katolik Ambon Tahun 2018 lalu

satumalukuID - Berdasarkan laporan para kepala sekolah baik SMA/SMK dan MA dalam pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sudah mencapai angka 99,34 persen. Khusus Kota Ambon sudah mencapai 100 persen.

Meskipun demikian dalam pelaksanaan UN di Maluku untuk tingkat SMA, SMK dan MA tidak beda jauh dari tahun sebelumnya, dengan kata lain UN dapat dilakukan dengan berbasis komputer dan berbasis pinsil dan kertas.

Namun dengan semangat dari keinginan seluruh sekolah dan dorongan dari para kepala sekolah, sehingga dari laporan terakhir telah dilaporkan khusus Kota Ambon menggunakaan sistim UNBK secara merata 100 persen dan secara Maluku sesuai data yang diterima sudah mencapai 94,34 persen.

Demikian disampaikan Kadis Pendidikan Provinsi Maluku, Drs Saleh Thio pada wartawan usai membuka sosialisasi UN tahun 2019 dan pendistribusian Permendikbud dan pos UN tingkat kabupaten/kota dan pulau Ambon di aula Diknas Pendidikan, Selasa (26/2).

Menurut Thio, dengan pencapaian persentase tersebut, merupakan salah satu prestasi yang luar biasa yang bila dilakukan perbandingan dari tahun lalu, hanya kurang lebih 23 persen yang melaksanakan UNBK, sehingga di tahun ajaran 2018-2019 sudah mencapai 93,34 persen.

"Artinya kurang lebih 70 persen lebih tinggi dari tahun kemarin," ucap Thio, bangga.

Dengan demikian dirinya memohon doa dan restu dari seluruh masyarakat Maluku agar proses pelaksanaan UN dapat berjalan lancar dan aman sesuai yang diharapkan bersama, sehingga dapat menghasilkan pencapaian nilai terbaik demi kepentingan siswa/siswi ke depan.

Untuk pelaksanaan UNBK khusus tingkat SMA tercatat 21.900 pelajar dan SMK tercatat 6300 pelajar yang tersebar di 11 kabupaten/kota, dengan jumlah SMA sebanyak 281 dan SMK 109 ditambah MA yang datanya belum dikasih masuk pihak Kemenag Maluku. (SM-10)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!