Sekilas Info

Tahun 2019 Kuota Calon Haji Kota Ambon 368 Orang, Total Provinsi Maluku 1.080

satumalukuID - Kuota calon haji (Calhaj) asal Kota Ambon yang akan berangkat menunaikan ibadah haji 2019 tercatat sebanyak 368 orang, sesuai dengan pembagian di tingkat Provinsi Maluku.

"Sedangkan kuota untuk Provinsi Maluku secara keseluruhan sebanyak 1.080 orang yang dibagikan kepada 11 kabupaten/kota, menyusul pada 2018 tercatat sebanyak 1.090 orang yang berangkat ke tanah suci," kata Kasi Urusan Agama Islam dan Penyelenggara Haji Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota, Ambon Wahab Putuhena, Selasa.

Sekarang ini dalam proses pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Ambon bagi para Calhaj yang belum memiliki paspor.

Hal ini sesuai dengan jadwal keberangkatan dari tahun ke tahun, setelah urusan paspor selesai langsung di kirim ke Jakarta untuk pembuatan visa berangkat ke tanah suci.

Dia mengatakan, Calhaj Kota Ambon yang sudah memiliki paspor baru sebanyak 171, disamping memang Jalhaj yang akan berangkat sudah memiliki paspor juga kurang lebih 35 orang, sedangkan sisanya masih dalam tahap pembuatan di Kantor Imigrasi Ambon.

Dia menjelaskan, sebagian Calhaj sekarang ini juga masih dalam tahap penyelesaian administrasi seperti kartu tanda penduduk (KTP), kartu keluarga (KK), dan lainnya termasuk paspor.

"Kemudian ada juga Calhaj Kota Ambon yang hari ini(Selasa) sudah mulai dilakukan pemeriksaan kesehatan di tiga Puskesmas yang sudah ditentukan, masing-masing Baguala, Sirimau dan Nusaniwe," ujarnya.

Jadi kalau ada Calhaj yang bermukim di kawasan Kecamatan Teluk Ambon bisa melakukan pemeriksaan di Puskersmas Baguala, begitupun yang tinggal di dua kecamatan lainnya.

Wahab menambahkan, nanti kalau proses pemeriksaan kesehatan sudah selesai akan dilanjutkan lagi dengan manasik haji dan persiapan lainnya. (Shariva Alaidrus/ant)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!