Sekilas Info

Sambut Nyepi, Umat Hindu Bersihkan Pura Ciwa Stana Giri di Ambon

satumalukuID - Menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1941 bulan Maret 2019, Umat Hindu Kota Ambon mulai melakukan kerja bakti sosial bersama membersihkan kawasan Pura Ciwa Stana Giri di kawasan Taman Makmur kecamatan Nusaniwe Kota Ambon.

Bukan hanya kerja bhakti, Panitia Hari Besar Hindu (PHBHin) juga menyerahkan Simakrma atau paket sembako kepada 20 warga di sekitar pura baik muslim maupun non muslim.

Penyerahan secara simbolis diserahkan langsung Pembimas Hindu Kanwil Kemenag Maluku Sukardi Rianto dan Ketua PHBHin Maluku I Made Tri Wikanaya yang berlangsung di Besmen Hindu Center, Sabtu (23/2).

Pantauan di lokasi kerja bhakti, warga umat Hindu bukan hanya melakukan kebersihan pada Pura, nampak juga kebersihan dilakukan pada pelataran museum Siwalima serta poros jalan yang ada pada wilayah museum.

Kepada awak media Ketua PHBHin mengatakan, kegiatan bersih-bersih tersebut merupakan bagian dari pembinaan dan mengajak warga peduli akan kebersihan lingkungan dan juga diharapkan tidak hanya dilakukan sesaat saja tetapi juga akan terus terlaksana secara teratur dan terencana baik di tempat-tempat ibadah maupun din tempat umum lainya.

Bahkan ini secara tidak langsung menanamkan cinta akan kebersihan dan lebih mendekatkan diri kepada Tuhan YME karena kebersihan merupakan sebagian dari iman dan kebersihan melambangkan kesucian.
"Ini semua untuk menindak lanjuti surat dari Ketua PHBI yang ditunjukan khusus PHBHin untuk dibuat panitia dan untuk tindaklanjuti surat tersebut ada rangkaian kegiatan berupa bahkti sosial, simakrama dan spritual dan kedua kegiatan itu sudah dilaksanakan," tandas­ Tri Wikanaya.

Dikatakan bahwa warga penerima paket sembako merupakan warga berperan serta dalam membantu dan menjaga aset Provinsi yang ada di sekitar museum Siwalima dan pura.

Sementara itu dari sesi teknia keagamaan seperti yang dijelaskan Pembimas Hindu Kanwil Kemenag Maluku Sukardi Rianto mengatakan, selaku pemetintah mengucapkan terima kasih kepada Parisade yang telah membentuk.PHBHin untuk melaksanakan hari-hari besar Hindu yang ada di Maluku.

Yang mana rangkaian kerja bhakti sosial,merupaka bagian dari Sharaga atau iman umat Hindu di Maluku kbususnya di kota Ambon.

Sama hal dengan pemberian sembako yang merupakan persembahan dari umat Hindu kepada warga yang ada disekitar lokasi pura dan gedung museum. Yang berhak mendapatkan persembahan lantaran telah turut serta membantu aset-aset yang ada di seputaran pura dan museum.

"Mereka adalah basudara kita, untuk membagi suka cita umat Hindu, dari sisi agama inilah bentuknya persembahan suci," jelasnya. (SM-1­0).

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!