Sekilas Info

Nelayan Latuhalat Nelson Kailola Ditemukan di Negeri Abubu Nusalaut, Operasi SAR Dihentikan

satumalukuID - Nelson Kailola (41), seorang nelayan asal Kelurahan Latuhalat, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon yang dilaporkan hilang sejak Kamis(14/2), telah ditemukan selamat meski dalam kondisi lemas oleh nelayan Kampung Waimital Negeri Abubu, Kecamatan Nusalaut, Maluku Tengah.

"Perkembangan operasi hari ke tujuh diterima informasi dari keluarga korban bernama Costansa pukul 11.30 WIT bahwa korban telah ditemukan di perairan Desa Abubu," kata Kepala Kantor Basarnas Ambon, Muslimin di Ambon, Kamis.

Ketika ditemukan oleh nelayan Kampung Waimital, keadaan korban dalam keadaan lemas di dalam perahunya dan kondisi perahu mati mesin.

Selanjutnya korban telah dievakuasi ke RSUD Saparua (Malteng) untuk menjalani perawatan medis," ujarnya.

Dengan ditemukannya korban maka Operasi SAR dinyatakan selesai dan diajukan untuk ditutup, dan kepada seluruh unsur SAR yang terlibat selama operasi pencarian diucapkan terima kasih.

Sejak dilaporkan hilang oleh pihak keluarga, Tim SAR gabungan dari Basarnas Ambon bersama Polairud Polda Maluku dibantu masyarakat melakukan pencarian namun tidak membuahkan hasil, sebab perahu korban diduga mengalami mati mesin dan hanyut terbawa arus sampai di perairan Pulau Nusalaut.

Pencarian nelayan asal Desa Latuhalat yang melaut sendirian menggunakan long boat ini dilakukan tim SAR dengan menggunakan RIB 01 maupun kapal patroli (KP). Tanjung Allang XVI - 3001.

Dilaporkan bahwa korban pergi melaut sendirian di sekitar perairan Selatan Ambon pukul 06.00 WIT belum kembali ke rumah sehingga pihak keluarga merasa khawatir dan meminta bantuan tim SAR.

Lokasi atau koordinat pencarian diduga berada pada sekitar perairan Selatan Ambon 04 13' 42,91" S - 128 05' 42,45" E dengan titik jarak tempuh kurang lebih 38.62 NM dan membutuhkan waktu satu jam tiba di lokasi.

Muslimin menambahkan tahun lalu juga ada dua nelayan yang mencari ikan menggunakan long boat dan berangkat dari pantai Desa Latuhalat juga dilaporkan hilang dan keduanya tidak ditemukan hingga kini. (daniel leonard/ant)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!