Sekilas Info

Dua ASN Biro Pemerintahan Pemprov Maluku Ditahan Polisi, Ajudan Wagub Juga Ditangkap

satumalukuID - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Maluku memastikan dua Aparatur Sipil Negara (ASN) Biro Pemerintahan Setda ditahan di Direktorat Narkoba Polda Maluku terkait narkoba pada Senin (18/2) petang.

Kedua oknum ASN berinisial RH dan TM itu ditangkap bersama ajudan Wagub Maluku, Zeth Sahuburua yakni MP yang personil Polda Maluku.

Plt Kepala BKD Maluku, Donny Saimima, di Ambon, Kamis, membenarkan, telah meminta stafnya ke Ditnarkoba Polda Maluku untuk memastikan RH dan TM itu sedang ditahan terkait narkoba.

"Saya membuat surat pengantar resmi agar staf BKD Setda Maluku bisa memastikan keberadaan dua oknum ASN tersebut dan ternyata memang ditahan terkait kasus narkoba," ujarnya.

Donny menghargai proses hukum yang sedang ditangani Ditnarkoba Polda Maluku terhadap kedua oknum ASN tersebut.

"Kami telah mempelajari ketentuan Undang - Undang (UU) Kepegawaian yang nantinya disanksikan kepada dua oknum ASN tersebut setelah proses hukum telah memiliki kekuatan tetap," katanya.

Karena itu, Ditnarkoba Polda Maluku silahkan memproses kedua oknum ASN tersebut sesuai ketentuan maupun prosedur hukum.

"Pastinya hukum harus ditegakkan dan keduanya wajib menjalani proses hukum dan bila telah memiliki kekuatan hukum tetap, maka disanksikan ketentuan UU Kepegawaian," ujar Donny.

Dia tidak mau berandai - andai terhadap ulah dari dua oknum ASN tersebut karena telah ditangani Ditnarkoba Polda Maluku.

"Kami tidak berhak masuk ranah hukum yang prosesnya hingga memiliki kekuatan hukum tetap barulah sanksi kepegawaian ditegakkan," katanya.

Disinggung pencopotan jabatan terhadap keduanya yang telah memangku jabatan Kepala Seksi di Biro Pemerintahan Setda Maluku, dia menjelaskan, pastinya mengacu kepada UU Kepegawaian.

"Sangat disayangkan ulah kedua oknum yang merusak citra ASN Setda Maluku dengan terlibat narkoba yang belum diketahui sebagai pemakai ataupun lainnya," tandas Donny. (alex sariwating/ant)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!