Sekilas Info

Persiapan Sambut Sail Tidore 2021 Dimulai, Diawali Jadi Tuan Rumah Pertemuan GNMC ke-10

Pematangan Sail Tidore 2021 bersama Walikota Tidore Capt. Ali Ibrahim, Ketum KSBN Hendardji Soepandji, mantan Dirjen KKP Aji Sularso mantan Pangkoarmatim Laksda TNI Purn Ignatius Dadiek Surarto, Brigjen TNI (Purn) Otte Ruchiat, dan anggota tim lainnya. Sail Tidore juga akan jadi event penyambutan Ekspedisi Napak Tilas Magellan 2021.

satumalukuID - Wali Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara, Ali Ibrahim memaparkan persiapan menghadapi Sail Tidore yang akan dilaksanakan tahun 2021 mendatang.

"Selain kegiatan Sail Tidore 2021, Tidore juga merupakan anggota dari Global Network Magellan Cities (GNMC) atau Jaringan Global Kota-kota Magellan, yang pada bulan Juli mendatang Tidore akan menjadi tuan rumah pertemuan GNMC ke-10," kata Ali Ibrahim di Ternate, Maluku Utara, Senin.

Hal itu berarti pada Juli nanti sebanyak 22 wali kota dari 13 negara yang pernah disinggahi ekspedisi Magellan-Elcano saat melakukan pelayaran mengelilingi bumi akan bertemu di Tidore.

Oleh karena itu, Pemkot Tidore telah berkonsultasi dengan Kementerian Luar Negeri, Gubernur Malut, dan para kepala daerah se-Maluku Utara, untuk membentuk kepanitiaan bersama di tingkat provinsi karena ini merupakan hajatan internasional yang harus dilaksanakan secara terkoordinasi.

Menurut dia, Pemkot Tidore juga mendapatkan banyak masukan dan bantuan dari pihak Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN), sehingga dalam beberapa pertemuan GNMC sebelumnya Pemkot Tidore bersama KSBN selalu bersama-sama menghadiri kegiatan tersebut.

Kegiatan ini merupakan peringatan Hari Ulang Tahun ke-2 KSBN yang dirayakan dengan mengundang pemerhati dan pelaku budaya serta kesenian dari berbagai provinsi di Indonesia yang diprakarsai oleh Ketua KSBN Mayjen (Purn) Hendarji Supandji.

Dalam kegiatan itu, Wali Kota H Ali Ibrahim merupakan undangan khusus KSBN yang diberikan kesempatan untuk menyampaikan rencana kegiatan Sail Tidore yang akan dilaksanakan dua tahun mendatang.

Wali kota li Ibrahim dalam pemaparannya menjelaskan bahwa Sail Tidore atau peringatan 500 tahun Pelayaran Magellan-Elcano merupakan momentum penting dan strategis bagi Pemkot Tidore Kepulauan dalam rangka mengkonsolidasikan dan mendorong kerja sama program dan dukungan anggaran untuk percepatan pembangunan daerah dalam bidang sejarah, budaya, pariwisata, ilmu pengetahuan, teknologi, infrasrtuktur, dan ekonomi, sesuai visi-misi pemerintah daerah.

Sementara itu Ketua KSBN Mayjen (Purn) Hendarji Supanji mengatakan KSBN hadir sebagai bentuk kepedulian terhadap program-program pengembangan seni dan budaya Nusantara seperti yang diamanatkan UU nomor 5 tahun 2017 tentang Kemajuan Kebudayaan dan memfokuskan organisasi ini sebagai lembaga pengawal seni budaya Nusantara. (abdul fatah/ant)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!