Sekilas Info

Capai UHC, Pemkot Tual Dapat Penghargaan dari BPJS Kesehatan

Kepala Kantor BPJS Kesehatan Kota Tual Adriani Sassan, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ambon Afliana Latumakulita, Deputi Direksi Wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara dan Maluku BPJS Kesehatan I Made Puja Yasa, Wakil Walikota Tual Usman Tamnge, Plt Setda Muti Matdoan usai penyerahan piagam penghargaan.-ist-

satumalukuID – Pemerintah Kota (Pemkot) Tual menerima Piagam Penghargaan dari BPJS Kesehatan atas capaian Universal Health Coverage (UHC) dalam program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN- KIS) di Aula Pendopo Yarler Tual, Senin (11/2).

Piagam penghargaan diserahkan langsung Deputi Direksi Wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara dan Maluku BPJS Kesehatan I Made Puja Yasa kepada Pemkot Tual dan diterima langsung Wakil Walikota Tual, Usman Tamnge.

Turut hadir dalam acara tersebut, Plt Setda Muti Matdoan, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ambon Afliana Latumakulita, Kepala Kantor BPJS Kesehatan kota Tual Adriani Sassan, Tim Jamkesda Kota Tual, dan Pimpinan SKPD Lingkup Pemerintah Kota Tual.

Dalam sambutanya, Puja memberikan apresiasi atas tercapainya Universal Health Coverage di Kota Tual per 1 Januari 2019 atas kontribusi Pemerintah Kota Tual dalam mengimplementasikan UUD 1945 pasal 34 tentang pengembangan sistem jaminan sosial, khususnya bidang kesehatan.

“Apresiasi sebesar-besarnya atas tercapainya Universal Health Coverage di Kota Tual per 1 Januari 2019. Hal ini merupakan kontribusi dari pemerintah dan seluruh jajaran dalam memastikan kehadirannya didalam pelaksanaan jaminan kesehatan nasional untuk warganya. Hal ini juga merupakan bentuk implementasi dalam UUD 1945 pasal 34 yaitu Negara mengembangkan sistem jaminan sosial bagi seluruh rakyat, dimana salah satunya adalah jaminan kesehatan,” tutur Puja.

Hingga Februari 2019, kepesertaan JKN-KIS di Kota Tual berjumlah 85.231 jiwa atau sebesar 97,3%. Masih ada sekitar dua ribu penduduk yang belum tercover. Usman berharap di penghujung 2019 nanti 100% penduduknya tercover JKN-KIS.

“Sesuai data masih terdapat sekitar 3 persen penduduk Kota Tual yang belum tercover dalam JKN-KIS dan diharapkan di penghujung Tahun 2019 akan mencapai 100 persen,” harapnya.
Sejak Mei 2017 lalu hingga saat ini Pemkot Tual berkomitmen untuk memberikan jaminan kesehatan bagi penduduk Kota Tual. Sampai akhirnya tepat 1 Januari 2019 telah mencapai UHC.

Capaian ini tidak terlepas dari dukungan DPRD Kota Tual, seluruh OPD, serta Tim Jamkesda Kota Tual yang terdiri dari BAPPEDA, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang telah bekerja secara maksimal.

Selain dari Program unggulan berupa Jaminan Kesehatan, Pemerintah Kota Tual merencanakan pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah untuk membantu pelayanan di Bidang Kesehatan dalam rangka mencapai Indonesia Sehat.

“Peningkatan Anggaran Kesehatan sebesar 13,5 persen dari APBD Kota Tual untuk membantu seluruh Pelayanan di Bidang Kesehatan dalam rangka mencapai Indonesia Sehat dimana Kota Tual merupakan bagian integral dari Program tersebut,” demikian Usman. (SM-07)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!