Sekilas Info

Bupati Tagop Soulisa, Karel Ralahalu dan Wiem Gomies Raih Penghargaan di Ajang Golden Award HPN 2019

Bupati Buru Selatan Tagop Sudarsono Soulisa berfoto bersama pengurus PWI Maluku seusai menerima penghargaan Bupati Peduli Olahraga pada ajang Golden Award Puncak Hari Pers Nasional yang digelar di Gedung Grahadi, Kota Surabaya, Jawa Timur, Jumat malam (8/2/2019)

satumalukuID - Bupati Buru Selatan Provinsi Maluku Tagop Sudarsono Soulisa meraih penghargaan Bupati Peduli Olahraga pada ajang Golden Award Puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2019 yang digelar di Gedung Grahadi, Surabaya, Jawa Timur, Jumat malam (8/2/2019).

Selain Tagop, dua tokoh Maluku yang memperoleh penghargaan pada ajang yang sama adalah Brigjen TNI (purn) Karel Ralahalu (mantan Gubernur Maluku) dan Wiem Gomies (Legenda Tinju Maluku).

Bupati Tagop oleh PWI Pusat dinilai sangat memperhatikan dan intens dalam pengembangan berbagai cabang olahraga di Kabupaten Buru Selatan. Beberapa cabang olahraga yang vakum kemudian diaktifkan lagi oleh Bupati Tagop.

Hal lain yang dinilai sebagai keberhasilan Bupati Buru Selatan yang kini sedang menjalani periode kedua kepemimpinan adalah kemampuannya membangun sinergitas cabang olahraga dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Maluku. Serta satu hal yang paling nyata adalah bahwa Bupati Tagop Soulisa menjadi Ketua Pengurus  Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Provinsi Maluku.

Pada acara penyerahan penghargaan, Bupati Tagop Soulisa menghadiri dan langsung menerima penghargaan bergengsi tersebut. Sedangkan dua tokoh lainnya, yakni Wiem Gomies dan Karel Ralahalu yang berhalangan hadir diwakili oleh Pengurus PWI Provinsi Maluku.

Menurut Ketua PWI Provinsi Maluku Izaac Tulalessy, selain Bupati Tagop Soulisa yang dianugerahi penghargaan Bupati Peduli Olahraga, dua tokoh Maluku lainnya yakni Karel Ralahalu dan Wiem Gomies juga mendapat penghargaan.

Karel Ralahalu dianugerahi penghargaan sebagai Tokoh Penggerak Olahraga, sedangkan Wiem Gomies dianugerahi penghargaan Lifetime Achievement.

"Pak Karel Ralahalu oleh SIWO PWI Pusat dinilai sebagai tokoh yang mampu membangkitkan kembali prestasi olahraga Maluku yang sempat terpuruk akibat konflik," ungkap Tulalessy.

Sedangkan legenda Tinju Maluku Wiem Gomies mendapat penghargaan Lifetime Achievement atas pengabdian di dunia Tinju Maluku maupun Indonesia yang tanpa batas. Wiem Gomies merupakan satu-satunya petinju Indonesia yang sudah mengikuti semua jenjang kejuaraan tinju amatir mulai dari Kejurnas, PON, SEA Games, Asian Games, kejuaraan Asia, Kejuaraan Dunia, hingga olimpiade.

Prestasi fenomenalnya adalah merebut dua medali emas kelas menengah Asian Games pada 1970 dan 1978, serta Juara Asia 1972.

Wiem Gomies sendiri sejak gantung sarung tinju tahun 1984, sampai saat ini masih menjadi pelatih tinju.

"Saat ini Om Wiem Gomies masih melatih tim PPLP Tinju Maluku," jelas Tulalessy. (petra josua)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!