Sekilas Info

Kapolda Ajak Masyarakat Kepulauan Tanimbar Jaga Keamanan dan Ketertiban

satumalukuID - Kapolda Maluku Irjen Pol. Royke Lumowa mengajak masyarakat di Kepulauan Tanimbar (dulu Maluku Tenggara Barat) untuk bersama aparat kepolisian menjaga keamanan dan ketertiban.

Kapolda menyampaikan hal itu dalam acara tatap muka dengan jajaran pemerintah daerah, TNI/Polri, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat dan pemuda di Saumlaki, Senin.

Dalam kesempatan itu, Kapolda juga meminta seluruh pemangku kepentingan di Kepulauan Tanimbar untuk menyukseskan Pemilu Legislatif dan Presiden/Wakil Presiden pada 17 April mendatang.

"Jika kita mencintai NKRI, maka kita harus bangun negeri ini. Pilihlah calon Presiden, DPR dan DPD yang pantas menurut nurani kita. Jangan ada yang Golput, karena suara kita semua menentukan kemajuan bangsa ini," katanya. Ia juga mengajak seluruh ASN, Polri dan TNI untuk mengabdikan diri dengan sepenuh hati pada tanah Tanimbar yang kaya sumber daya alam, meski harus bertugas di pulau paling jauh dari ibu kota provinsi Maluku itu.

"Maluku terdiri dari 93 persen laut. Kalau cinta Maluku, maka kita harus lestarikan laut. Jaga kebersihannya, jangan buang sampah di laut. Jaga dan kembangkan kekayaan laut karena kaya akan ikan dan mutiara," ujarnya.

Meskipun daratan Maluku tidak mencapai 10 persen, kata Kapolda, kekayaan alamnya luar biasa. Salah satunya pulau Yamdena yang ditumbuhi pohon Torem, tanaman langka di dunia.

"Semua potensi ini harus kita maksimalkan untuk kesejahteraaan masyarakat di daerah ini," katanya.

Dalam kunjungan kerja ke Kepulauan Tanimbar, Kapolda bersama para pejabat Polda Maluku dan Polres Kepulauan Tanimbar akan bersepeda menuju Pulau Larat, Tanimbar Utara, melewati sejumlah lokasi seperti Sangliat Tangga yang terkenal dengan situs perahu baru, dan desa Lumasebu.

Kapolda juga akan mengunjungi dan melihat masyarakat secara lebih dekat, serta kegiatan-kegiatan pelestarian lingkungan seperti menanam pohon bakau, dan melepaskan penyu ke laut. (jimmy ayal/ant)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!