Sekilas Info

Sesuai Standart Internasional, Maluku Badonci Music School Resmi Beroperasi

Para siswa Maluku Badonci Music School serius memperhatikan arahan dari guru piano.-Febby kaihatu-

satumalukuID- Maluku Badonci Music School, salah satu sekolah musik yang baru dibuka di Kota Ambon, Jumat (1/2) resmi beroperasi dengan membuka kelas awal bagi 15 siswa yang telah terdaftar. 

Dilengkapi dengan sejumlah fasilitas serta kurikulum belajar yang sesuai dengan standart internasional, kehadiran Maluku Badonci Music School yang berlokasi di lantai 4 Kantor Telkom Talake Ambon ini, akan makin membuka ruang bagi anak-anak Maluku khususnya di Kota Ambon untuk mengembangkan bakat musik yang mereka miliki.

Marcel Luturmas, salah satu pengajar Maluku Badonci Music School yang ditemui disela-sela kesibukannya mengajar kemarin mengatakan, saat ini memang di Ambon sudah ada beberapa sekolah musik, dan dengan adanya Maluku Badonci Music School ini tentu akan lebih baik lagi.

“Kalau hadir lebih banyak, pasti akan lebih bagus dan ini juga bisa menunjang Kota Ambon sebagai City of Music. Jadi, ini sekolah baru lagi untuk membantu anak-anak di Ambon,” katanya.

Marcel akui, musikalitas anak-anak di Ambon memang sudah ada, tapi tetap mereka harus dibekali dengan ilmu yang hanya bisa mereka dapatkan kalau masuk sekolah musik.

“Berdasarkan pengalaman saya, musikalitas anak-anak di Ambon ini memang sudah ada, tapi mereka harus diarahkan juga untuk belajar secara akademis. Kalau tidak ada akademis, tidak ada sekolah seperti ini, pada akhirnya nanti mereka hanya bisa bermain musik seadanya saja atau terbatas karena pengetahuan yang minim,” jelasnya.

Menurutnya lagi, dengan adanya sekolah musik seperti Maluku Badonci Music School ini, seharusnya Kota Ambon sangat bersyukur, karena akan mendongkrak jiwa bermusik anak-anak dengan teori yang bagus, feeling, skill serta teknik. “Jadi, kehadiran sekolah ini sangat bagus,” tandasnya.

Ditanya tentang fasilitas yang ada di sekolah tersebut, ia akui kalau fasilitas yang ada saat ini sudah sangat memadai. Hanya saja, karena sekolah ini masih baru tahapan awal, maka ada materi yang memang harus digarap lagi.

“Kalau materi yang sudah ada ini adalah materi untuk anak-anak, dan perlu digodok lagi untuk orang dewasa. Memang semuanya mulai dengan yang basic, dan kebetulan para siswa disini sebagian besar adalah anak-anak, sehingga untuk saat ini dengan materi yang ada sudah cukup. Tapi kedepan, tentunya akan lebih ditingkatkan lagi,” tuturnya.

Kendati demikian menurut Marcel, semua fasilitas maupun kurikulum yang dipakai di Maluku Badonci Music School ini sudah memenuhi standart internasional dan sangat memadai untuk sebuah sekolah musik.

Sementara itu, pimpinan Maluku Badonci Music School, Harry Leiwakabessy yang dijumpai terpisah menjelaskan, untuk tahap awal, sekolah musik ini hanya akan fokus pada satu alat musik yaitu piano.

“Kenapa piano, karena ini adalah dasar atau basic bagi mereka yang ingin belajar musik. Kalau sudah mahir dengan not-not pada piano, untuk berpindah ke instrumen yang lain tidak akan susah,” ujarnya.

Meski demikian, lanjutnya, mereka sudah pikirkan untuk membuka juga kelas bagi instrumen yang lain. “Ini adalah rencana jangka panjang, dan kalau animo makin tinggi, tentu kami akan membuka lagi bagi instrumen yang lain. Tapi di awal ini, kami memperkuat untuk piano,” tandasnya.

Maluku Badonci Music School memiliki empat ruang belajar, dimana masing-masing ruangan dilengkapi dengan sebuah elektrik piano. Pantauan di lokasi sekolah musik ini, sistem belajar yang diterapkan adalah privat. Satu siswa belajar sendiri di dalam satu ruang kelas dengan satu orang guru dan sebuah elektrik piano. Setelah selesai, akan bergantian lagi dengan siswa lainnya.

Beberapa siswa yang sudah mulai belajar kemarin, terlihat sangat antusias untuk belajar piano, yang tampaknya masih baru bagi mereka.  Para guru yang mengajar di Maluku Badonci Music School, adalah lulusan dari beberapa sekolah musik yang ada di Pulau Jawa seperti Jogja. (Febby Kaihatu)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!