Sekilas Info

Pemulihan Terminal Mardika, Pemkot Ambon Hentikan Penarikan Retribusi

satumalukuID - Guna memulihkan kembali kawasan terminal Mardika sesuai fungsinya, Dinas Perhubungan (Dishub) Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menghentikan penarikan retribusi bagi Pedagang Kaki Lima (PKL) di kawasan tersebut.

"Itu kan begini, kalau di kawasan terminal Mardika yang diambil kebijakan Dishub untuk menghentikan retribusi dari lapak yang ada dalam terminal," ungkap Kadishub Pemkota Ambon Roby Sapulete, Rabu (30/1/2019).

Menurut Sapulete, kebijakan penghentian retribusi dengan maksud agar kawasan terminal, nantinya akan diperuntukan khusus untuk mobil angkutan umum, bukan lapak atau PKL yang sering berjualan di terminal.

Hal tersebut kata Sapulete, bahwa selama ini aktifitas PKL sering menempati terminal Mardika, akibatnya fungsi terminal tidal sesuai dengan peruntukannya.

"Apa lagi kalau kita lihat kawasan terminal di sore hari, itu bukan lagi terminal tapi sudah jadi pasar," ujarnya.

Sehingga dalam kerangka ketertiban terminal tersebut, tidak serta merta membalik telapak tangan agar kawasan tersebut langsung difungsikan sesuai peruntukannya.

Namun hal itu nantinya akan diatur secara baik, sambil berkoordinasi dengan SKPD terkait agar nantinya kedepan para PKL yang ada dalam kawasan bisa menempati lokasi yang diatur SKPD terkait.

"Nantinya kita akan berkoordinasi dengan SKPD terkait agar nantinya diatur dengan baik, mau kemana mereka ditempatkan agar mereka dipindahkan tidak menimbulkan masalah," harapnya.

Untuk itu Sapulete menegaskan, jika ada oknum yang sengaja masih melakukan penarikan retribusi atas nama Dishub, itu dikatakan pungli alias penarikan ilegal yang ditarik dari lapak atau PKL

Dimana pemberlakuan larangan penarikan retribusi,.terhitung­­ per 1 Januari 2019 oleh Dishub.

Disinggung soal nantinya jika ada penarikan dari Indag, kata Sapulrte, bahwa untuk penarikan retribusi seperti tahun-tahun sebelumnya menjadi kewenangan dan tanggungjawab Dishub Kota.

Tetapi jika Dishub sebagai pemangku kepentingan tidak menarik retribusi di terminal, secara otomatis Indag tidak punya kewenangan untuk menarik retribusi di kawasan terminal.

Dengan demikian jika terdapat oknum yang menarik retribusi di terminal dan jika itu oknum Dishub secata aturan ASN akan ditindak tegas sesuai aturan yang berlaku.

"Saya sudah instruksikan kepada staf saya jangan coba-coba ada yang berani melakukan penarikan retribusi dan tanggung akibatnya," tegas Sapulete. (SM-10).

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!