Sekilas Info

Pemprov Maluku Dukung Penuh Karier Pebalap Muda David Sitanala

Pebalap muda David Sitanala bersama Gubernur Maluku Said Assagaff

satumalukuID - Pemerintah Provinsi Maluku menyatakan dukungan penuh atas perjuangan pebalap muda asal daerah itu, David Juliano Sitanala untuk berkarir dan meraih prestasi gemilang di kejuaraan internasional Formula 4 (F4) di China.

"Kami tetap mendukung perjuangan David Sitanala di ajang sirkuit internasional karena dapat menjadi contoh sekaligus motivasi bagi generasi muda Maluku lainnya," kata Gubernur Maluku Said Assagaff saat bertemu David di Ambon, Rabu.

Kehadiran David yang didampingi sang ibu Reita Maspaitella untuk menyatakan rasa terima kasih atas dukungan yang diberikan Pemprov Maluku selama beberapa tahun terakhir, sekaligus menceritakan perjuangan yang dilakukan serta rencana mengikuti sejumlah kejuaraan internasional pada tahun 2019.

Gubernur menyatakan kegembiraan dan kebanggaannya karena David dapat membuktikan dan mewujudkan dukungan Pemprov Maluku dengan meraih dua gelar bergengsi di Sirkuit Zhuhai, China, pada April 2017.

Di ajang F4 China yang merupakan lomba balap gokart paling populer di dunia tersebut, David Sitanala yang merupakan pendatang baru mampu mencapai garis akhir di posisi ketiga pada dua dari tiga race yang digelar.

Oleh karena itu, Gubernur menegaskan, dirinya akan tetap mendukung langkah dan perjuangan David pada tahun-tahun mendatang, karena ikut mempromosikan dan memperkenalkan Maluku serta Ambon di dunia internasional.

"Selain sebagai pebalap profesional David juga telah menjalankan tugas dan tanggung jawabnya mengharumkan nama Indonesia, terlebih ikut mempromosikan Maluku di mata dunia internasional, sehingga perlu diapresiasi dan didukung," ujarnya.

Pemprov Maluku juga mendukung perjuangan David di arena balap internasional dengan memberikan beasiswa untuk melanjutkan pendidikannya di Institut Naniang, Singapura.

Dia berharap selain berjuang meraih prestasi terbaik di dunia balap internasional, David Sitanala tetap melaksanakan tugas dan tanggung jawab moralnya untuk mempromosikan Maluku sehingga lebih dikenal secara luas.

Sementara itu, David secara terpisah menyatakan kedatangannya menemui Gubernur Said untuk menyatakan ungkapan terima kasih atas dukungan penuh yang diberikan Pemprov Maluku baik moril maupun anggaran yang dibutuhkan, selama empat tahun terakhir berkiprah di cabang olahraga gokart internasional.

"Malah dukungan terbesar Pemprov Maluku melalui Gubernur Said yakni menjadi sponsor utama kompetisi F4 China tahun 2017," katanya.

Dia juga menegaskan, tetap mengemban dan melaksanakan misi mempromosikan Maluku terutama keindahan pariwisatanya selama berlomba di ajang internasional.

David yang mengawali karir balap sejak usia 10 tahun mengakui mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata dengan menetapkannya sebagai duta pariwisata Maluku, di samping dukungan Menpora Imam Nahrawi.

Sejauh ini promosi Maluku yang dilakukan David dengan memasang logo Pemprov Maluku serta tulisan Visit Maluku pada bodi mobil balapnya, di samping memperkenalkan keindahan pariwisata Maluku kepada sesama pebalap internasional.

Kepopuleran balap F4 China membantu David dan Pemprov Maluku mewujudkan misi mereka untuk semakin memomulerkan potensi wisata yang ada di provinsi tersebut.

Ibunda David, Reita Maspaitella menambahkan dukungan yang diberikan Gubernur Said merupakan sebuah motivasi dan semangat bagi anaknya untuk mengukir prestasi di ajang balap internasional.

"Kepedulian Pemprov Maluku tidak hanya tentang promosi potensi pariwisata daerah, tetapi juga mendorong generasi muda Maluku untuk mengukir prestasi di dunia internasional," katanya.

Prestasi gemilang David dimulai tahun 2014 dengan meraih juara kelas junior Indonesia Rotax Max Challenge dan runer up Asia Max Challenge. Selain itu beberapa prestasi gemilang juga diperoleh David selama berkompetisi di ajang gokart nasional dan Asia, mulai dari The Best National Junior Max Kart Driver IMI Award 2014 dan The Best International Junior Max Kart Driver dari IMI dan FIA pada tahun yang sama. David juga mendapatkan penghargaan dari Menpora pada 2014 atas kesertaannya sebagai wakil Indonesia di kategori Junior Max pada kejuaraan dunia Grand Final Rotax 2014 di Valencia, Spanyol.  (jimmy ayal/ant)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!