Sekilas Info

APPSI Gubernur Awards 2019, Pemprov Maluku Raih Penghargaan Adhi Purna Prima Bidang Kesehatan

satumalukuID - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku menerima penghargaan pada ajang APPSI Gubernur Awards, untuk kategori Adhi Purna Prima pada bidang kesehatan, dengan program pelayanan kesehatan berbasis gugusan kepulauan.

"Maluku memenangkan penghargaan ini karena keiistimewahannya di bidang kesehatan dengan konsep gugus pulau sebagai terobosan mengatasi kesenjangan di provinsi dengan karakteristik Kepulauan," kata Gubernur Maluku, Said Assagaff, di Ambon, Rabu.

Program Gugus Pulau menitik beratkan pembagian 1.340 buah pulau di Maluku dalam 12 gugus pulau dengan 39 gugus pelayanan kesehatan, sebagai solusi memperpendek rentang kendali sekaligus mengatasi keterbatasan sarana dan prasarana.

"Program gugus pulau ini mendapat apresiasi dan dukungan penuh Kementerian Kesehatan(Kemenkes) karena cocok untuk wilayah kepulauan mengingat tingkat tantangan dan hambatan sangat kompleks serta berat dibanding daerah dengan karakteristik kontinental," ujar Gubernur.

Kemenkes juga saat ini mengalokasikan anggaran Rp120 miliar dari total rencana Rp500 miliar untuk membangun Rumah sakit umum pusat (RSUP) dr. Johannes Leimena di Desa Rumah Tiga, Kecamatan Teluk Ambon, Maluku, di mana pekerjaan struktur gedung RSUP yang berlantai delapan telah mencapai 95 persen.

Menurut Gubernur, Maluku juga masuk dalam nominator penerima Adhi Purna Karya Award bidang Sosial bersama provinsi Papua dan Sulawesi Utara, di mana Papua dengan konsep Membangun masyarakat dan memberantas miras meraih penghargaan tersebut.

Sedangkan Adhi Purna Prima Award bidang Perdagangan dari tiga nominator yakni Banten, Sulawesi Selatan, Maluku, diraih Sulawesi Selatan dengan konsep Hubungan Indonesia Wilayah Timur.

Menurut dia, sektor perdagangan Maluku menunjukkan kemajuan sangat signifikan karena telah berhasil melakukan ekspor ikan segar dan non ikan dari bandara Internasional Pattimura dengan waktu pengurusan dokumen pengiriman sangat cepat serta sesuai ketentuan.

"Kita sudah mulai ekspor ikan segar maupun kepiting hidup ke beberapa negara dengan waktu pengurusan dokumen sesuai ketentuan di Bandara Pattimura hanya satu jam 15 menit," ujarnya.

Karena itu, Gubernur memberikan apresiasi yang tinggi kepada organisasi perangkat daerah (OPD) khususnya Dinas Kesehatan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Dinas Sosial atas kerja keras yang dilakukan sehingga meraih penghargaan bergengsi tersebut.

"Penghargaan bergengsi ini didedikasikan kepada seluruh masyarakat Maluku. Sebagai pimpinan saya hanya mengawal dan memotivasi OPD untuk bekerja optimal di lapangan," tandasnya.

Dia berharap, penghargaan yang diraih ini dapat menjadi pemicu semangat seluruh jajaran pemprov Maluku untuk bekerja keras meningkatkan pelayanan publik serta penanganan masalah sosial dan kesejahteraan kemasyarakat lebih optimal di masa mendatang. (jimmy ayal/ant)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!