Sekilas Info

Pemkab Buru Selatan dan Masyarakat Panen Raya Bawang Merah di Waesama

FOTO: MARLON SAHETAPY /KABAR TIMUR

satumalukuID -  Pemkab Buru Selatan (Bursel) bersama masyarakat lokal di kecamatan Waesama, tepatnya di Desa Simi melakukan Panen bawang merah.

Panen tersebut dihadiri rombongan pemerintah daerah yang dipimpin oleh Sekertaris Daerah AM. Laitupa didampingi Asisten I Alfario Soumokil, selain itu juga hadir staf dari Kementrian Pertanian RI dan perwakilan Dinas Pertanian Provinsi Maluku serta para pimpinan OPD di lingkup Pemkab setempat.

Terlihat petani di Desa Simi Kecamatan Waisama Bursel sukses panen bawang merah oleh para tamu undangan yang hadir bersama masyarakat setempat.

Panen bawang merah tersebut tumbuh di lahan dataran rendah ditanam masyarakat Desa Simi saat musim kemarau dan hasilmya cukup memuaskan.

Keberhasilan tersebut diutarakan oleh Sekda Bursel, A.M Laitupa dan Staf Kementerian Pertanian saat menghadiri panen tersebut.

"Meskipun baru budidaya bawang merah ini, namun hasilnya cukup menggembirakan bagi petani yang tergabung pada kelompok tani bawang merah di desa Simi," ucap Sekda Bursel.

Laitupa mengatakan, keberhasilan kelompok tani di Desa Simi dalam mengembangkan bawang merah ini harus memicu petani lainnya untuk mengembangkannya Juga sesuai potensi lahan di desa masing-masing.

ia mengatakan, tidak menutup kemungkinan bawang merah akan menjadi komoditi hortikultura golongan sayuran terbaru di Kabupaten Bursel.

Laitupa mengatakan, bahwa Pemkab Bursel siap mendukung petani yang sudah berpengalaman menanam bawang merah.

Sebelumnya, dalam perjalanan menuju Desa Simi, rombongan mobil harus melewati sejumlah kali besar, sedang dan kecil. Saat melewati di kali besar, supir harus memiliki kemahiran mengemudi agar bisa menembus arus air sungai yang cukup kuat.

Masyarakat setempat berharap kepada pemerintah daerah dan propinsi, terutama
kepada Balai Sungai, Balai Jalan dan Jembatan untuk dapat memperhatikan kondisi tersebut sehingga meningkatkan akses masyarakat di daerah setempat (BS-01).

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!