Sekilas Info

Tunjangan 20-an Guru SMP Bermasalah, Kadis Dikor Ambon Diminta Serius Sikapi Sertifikasi Guru

Foto ilustrasi guru di gedung DPRD Kota Ambon

satumalukuID - Kadis Pendidikan dan Olahraga Kota Ambon diminta agar secepatnya menyikapi dan memperhatikan secara serius sertifikasi guru di Kota Ambon.  Hal tersebut berdasarkan pengawasan Komisi II DPRD Ambon telah didapati ada tunjangan yang diberikan tidak sesuai dengan golongan dan kepangkatan yang dimiliki.

“Kita harapkan agar ada kejelasan soal sertifikasi guru, karena berdasarkan pengawasan didapati ada beberapa guru yang tidak terima tunjangan mereka sesuai golongan dan kepangkatan,” ungkap anggota Komisi II DPRD Kota Ambon Christianto Laturiuw di sela-sela rapat dengar pendapat antara Komisi II dan Dinas Pendidikan di ruang gedung DPRD Ambon, Rabu (23/1).

Menurut Laturiuw, sertifikasi guru harus mendapat perhatian karena menyangkut dengan hak guru. Olehnya itu diharapkan ada perhatian serius dari dinas pendidikan.

“Hal ini telah mendapat perhatian melalui rekomendasi DPRD, kita harapkan agar perhatian serius,” katanya.

Menanggapai hal tersebut Kadis Pendidikan Kota Ambon, Fahmi Salatalohy usai rapat kepada wartawan menjelaskan, tunjangan sertifikasi guru dilberikan atas kinerja dan sesuai pangkat golongan.

“Jadi golongannya besar mereka pasti terima besar, namun tentu juga harus disesuaikan dengan kinerja, serta jam mengajar harus cukup,” kata Salatalohy.

Ia menjelaskan, sampai saat ini ada sekitar 20 guru tingkat SMP yang belum bisa mendapatkan tunjangan sertifikasi guru dari total 3000 ribu lebih guru yang berhak mendapatkan tunjangan tersebut. 20 guru tersebut tersebar di beberapa sekolah tingkat SMP di Kota Ambon.

“Jadi ada sekitar 20 guru yang belum menerima tunjangan sertifikasi guru, mereka belum menerima tunjangan sertifikasi karena persyaratan administrasi belum lengkap, atau mungkin karena proses input di data dari sekolah ke kementerian pendidikan untuk diproses menerima sertifikasi guru,” kata Salatalohy. (SM-10).

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!