Sekilas Info

30 Siswa SMA Siwalima Ambon Dilepas ke Jakarta Ikut Seleksi Beasiswa Rusia

foto ilustrasi siswa-siswi SMA Siwalima Ambon saat mengikuti upacara di sekolah beberapa waktu lalu.

satumalukuID - Sebanyak 30 siswa kelas XII SMA Siwalima Ambon dilepas menuju Jakarta untuk mengikuti seleksi pentahapan program besiswa perguruan tinggi dari pemerintah Rusia.

"Mereka sudah berangkat kemarin, ada 30 siswa kelas XII yang dilepas oleh Dinas Pendidikan dan Kabudayaan Provinsi Maluku," ungkap Kepsek SMA Siwalima Ambon, Paula Tahapary pada Suara Maluku di Ambon, Senin (21/1).

Menurut Tahapary, keberangkatan siswanya ke Jakarta selama dua hari, dalam rangka mengikuti seleksi tes interviuw di pusat Kebudayaan Rusia di Jakarta, dengan harapan semuanya bisa lolos untuk mendapat program beasiswa melanjutkan studi pada perguruan tinggi di Rusia.

Proses seleksi tersebut merupakan tahap akhir dari pentahapan yang sebelumnya sudah dilaksanakan di Ambon oleh tim seleksi dari pusat.

Dari 30 siswa yang mengikuti tes interviu tidak semuanya terfokus pada satu fakultas, tetapi disesuaikan dengan pilihan masing-masing antara lain, fakultas kedokteran, migas, teknik sipil dan broadcast film termasuk pertelevisian.

"Itu mereka putuskan sesuai dengan minat masing-masing yang ada pada perguruan tinggi di Rusia," ucapnya.

Meskipun demikian, kata Tahapary, tidak mengurangi pihak sekolah untuk mempersiapkan siswa kelas XII lain, memasuki proses pentahapan menghadapi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dengan menggunakan sistim komputer berbasis offline.

"Semoga proses pentahapan ujian nasional yang dimulai dengan USBN yang sebelumnya ujian praktek dan akhirnya UNBK hingga proses wisuda semuanya dapat berjalan dengan lancar dan aman," harapnya.

Harapan yang sama juga ditujukan kepada siswa agar lebih tenang dalam menghadapi proses pentahapan yang sudah akan mulai berjalan di bulan Februari mendatang agar lebih lagi mempersiapkan diri masing-masing. (SM-10).

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!