Sekilas Info

Wakil Bupati Buru Selatan Meninggal Dunia, Mulai Gubernur sampai Masyarakat Umum Berduka

satumalukuID - Wakil Bupati Kabupaten Buru Selatan (Bursel), Provinsi Maluku, Ayub Buce Saleky meninggal dunia, Almarhum meninggal di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di kota Namrole Bursel, Sabtu (19/1).

Informasi dihimpun dari salah seorang perawat yang turut menanganinya mengatakan, almarhum dibawa ke rumah sakit hari Sabtu (19/1) sekitar pukul 12.00 WIT, langsung dimasukkan ke ruangan high care unit (HCU).

Menurutnya, sejumlah dokter langsung menanganinya yakni dokter ahli anestesi, ahli dalam dan dokter umum dua orang.

Ia mengungkapkan, dari hasil pemeriksaan almarhum mengalami sakit komplikasi, dimana terjadi gangguan pada jantung yakni syok cardiagenik dimana jantung tidak berfungsi secara baik dan lemah. Ditambah penyakit bawaan yakni hiperlikemia (kadar gula tinggi).

Almarhum menghembuskan nafas terakhir Sabtu sore sekitar pukul 17.30 WIT.

Mendapat informasi orang nomor dua di kabupaten Bursel telah meninggal, Penjabat Sekda A.M. Laitupa dan Kabag Humas Arens Solissa serta sejumlah pejabat daerah langsung ke rumah sakit untuk memastikan kebenaran tersebut.

Sekitar pukul 17.30 WIT Penjabat Sekda dan para pejabat lainnya membawa pulang jenasah Saleky dengan mobil ambulance ke rumah duka yang berlokasi di Desa Waenono.

Dokter ahli dalam Yusar, saat dikonfirmasi via telepon selular terkait penyebab kematian Wabup Bursel itu, menolak memberikan keterangan. "Mohon maaf, kami tidak bisa berikan keterangan, maaf kami belum bisa, maaf ya," ujar Yusar.

Terkait tempat pemakaman almarhum, Kabag Humas Bursel, Ariens Solissa kepada wartawan juga mengatakan dirinya belum mandapat informasi kapan dan dimana dilakukan pemakaman, karena nanti dibicarakan dengan keluarga dulu baru bisa diambil keputusan.

Informasi meninggalnya Wakil Bupati Bursel ini langsung tersebar di kota Namrole dan sekitarnya, bahkan di media sosial. Masyarakat di kota Namrole dan sekitarnya langsung melayat ke kediamannya.

Almarhum Ayub Saleky, tutup usia pada umur 58 tahun, meninggalkan 1 orang istri, 8 orang anak, satu laki-laki dan 7 perempuan.

Untuk diketahui, Gubernur Maluku atas nama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melantik pasangan Tagop Sudarsono Soulisa dan Ayub Buce Saleky sebagai Bupati dan Wakil Bupati Buru Selatan pertama kali untuk periode 2011-2016 di Ambon pada 22 Juni 2011.

Pelantikan Tagop - Buce sebagai bagian dari hasil Pilkada di Maluku pada tahun 2010.

Kemudian, pasangan tersebut kembali terpilih untuk periode kedua dan dilantik oleh Gubernur Maluku Said Assagaff atas nama Menteri Dalam Negeri melantik Tagop Sudarsono Soulisa dan Ayub Buce Saleky sebagai Bupati dan Wakil Bupati Buru Selatan periode 2016-2021 di Ambon, Rabu 22 Juni 2016.

Pelantikan Tagop - Buce sebagai bagian dari hasil Pilkada serentak kelompok pertama di Maluku pada 9 Desember 2015.

Sementara itu, Gubernur Maluku Ir Said Assagaff kepada wartawan, Minggu (20/1) mengatakan, atas nama pribadi maupun Pemerintah Privinsi Maluku turut berduka cita yang mendalam atas meninggalnya Wabup Bursel ini.

"Kami turut berduka cita. Kami kehilangan salah satu pemimpin dan pejuang berdirinya kabupaten Buru Selatan. Beliau juga putra daerah yang ingin membangun kabupatennya. Semoga keluarganya diberikan kesabaran dan ketabahan," ungkap Said Assagaff. (BS-01/SM-05)

Penulis:

Baca Juga