Sekilas Info

Awak dan Penumpang KM Tiga Bersaudara yang Terombang-ambing di Laut Berhasil Diselamatkan

Regu penyelamat yang mencari KM Tiga Saudara yang mengalami patah kemudi dalam pelayaran dari Namlea, Buru ke Ambon (Humas SAR Ambon)

satumalukuID -  Regu penyelamat dari Kantor SAR Ambon berhasil menyelamatkan enam penumpang ditambah nakhoda serta enam kru Kapal Motor Tiga Bersaudara. Kapal ini sempat terombang-ambing di laut wilayah Maluku akibat mengalami patah kemudi ditemukan selamat dan telah dievakuasi oleh regu penyelamat dari Kantor SAR Ambon.

"Awalnya dilaporkan oleh nakhoda kapal ada 12 orang penumpang dan ABK tetapi setelah regu penyelamat tiba di lokasi ada 13 orang dan mereka langsung dievakuasi ke pantai Desa Ureng, Kecamatan Leihitu (Pulau Ambon) Kabupaten Maluku Tengah," kata Kepala Kantor Basarnas setempat, Muslimin di Ambon, Jumat.

Team Rescue Kansar Ambon menggunakan Rigid Inflatable Boat (RIB) 01 mengevakuasi ke Desa Ureng, selanjutnya lewat jalan darat menggunakan mobil Rescue Car mengangkut enam penumpang ke keluarga mereka di Kebun Cengkeh (Lorong Putri) Ambon.

Dari hasil koordinasi dengan nahkoda, posisi kapal lego jangkar di perairan Desa Asilulu, Kecamatan Leihitu (Pulau Ambon) Kabupaten Maluku Tengah dan untuk sementara seluruh ABK masih berada di atas kapal untuk memperbaiki kemudi yang patah.Setelah diperbiki baru mereka melanjutkan perjalanan ke Pulau Ambon.

Daftar nama nakhoda dan ABK KM Tiga Bersaudara yang ditemukan selamat Onon (40) selaku nahkoda, Haju (37), Aci (25), Asdar (25), Saiful (25), Hasim (37) yang merupakan ABK.

Sedangkan para penumpng yang telah dievakuasi regu penyelamat ke keluarga mereka antara lain Dambi (32), Hasanudin (44) Narti (26), Wadina (34), La Wiga (52), Andi (19), serta Lala (4 tahun).

Awalnya nakhoda kapal tersebut memberikan laporan ke Kantor Basarnas Ambon pukul 08.40 WIT kalau kapal tersebut mengalami patah kemudi ketika dalam perjalanan dari Namlea (Pulau Buru) menuju pelabuhan Ambon. (Daniel Leonard/ant)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!