Sekilas Info

Wawali Ambon: Penghargaan Adipura Justru Jadi Tantangan untuk Mempertahankan Prestasi

Wawali Kota Ambon Syarif Hadler (ketiga dari kiri) berfoto bersama jajaran DLHKP Kota Ambon seusai menerima penghargaan Adipura di Jakarta, Senin (14/1/2018)

satumalukuID - Wakil Wali Kota Ambon Syarief Hadler menyatakan, penghargaan adipura yang diraih kota Ambon bukan karena kerja dia dan Wali Kota, Richard Louhenapessy atau Dinas Lingkungan hidup Kebersihan dan Persampahan (DLHKP), tetapi prestasi yang diraih merupakan kerja sama seluruh pihak.

Setiap penghargaan yang diterima dari pemerintah atau lembaga merupakan tantangan untuk mempertahankan prestasi yg telah diraih.

"Penghargaan yang diterima pada 2018 atau tahun sebelumnya menjadi beban bagi kita semua, karena itu kebersihan bukan hanya tugas DLHKP, tetapi seluruh masyarakat termasuk ASN Pemkot Ambon, ujarnya.

Baca Juga: Penghargaan Adipura, Sudah 7 Kali dalam 7 Tahun Terakhir

Syarief mengatakan, butuh kesadaran masyarakat untuk menjadikan kebersihan sebagai budaya dan gaya hidup.

"Saya kira masyarakat mempunyai peranan yang penting untuk menjadikan kebersihan menjadi gaya hidup , jika ada kesadaran yang tinggi dari seluruh masyarakat, maka prestasi yang lebih tinggi akan kita raih yakni adipura kencana, "tandasnya.

Baca Juga: Wapres Serahkan Piala Adipura untuk Kota Ambon

Pemkot Ambon, katanya, kedepan akan menerapkan sanksi bagi masyarakat yang tidak menjaga kebersihan seperti membuang sampah sembarangan.

"Jangan dilihat sanksi sebagai hukuman, tetapi pembelajaran kepada masyarakat agar semakin sadar bahwa bukan karena penghargaan adipura, tetapi kebersihan sebuah upaya yg dilakukan bersama untuk menjaga lingkungan," tegas Syarief. (penina f mayaut/ant)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!