Sekilas Info

Personil Lantamal IX Bersih-Bersih Sampah di Pantai Halong Teluk Ambon

satumalukuID - Sedikitnya 400 personil Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon mengelar aksi bersih pantai dan laut di kawasan Teluk Dalam Ambon, khususnya pesisir pantai sekitar kompleks pangkalan militer tersebut di negeri Halong, Jumat (11/1/2019).

Aksi bersih pantai dan laut dipimpin langsung Komandan Lantamal IX, Laksamana Pertama TNI Antongan Simatupang dan diikuti personil Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) IX, PNS Lantamal serta siswa SMP Yayasan Hang Tuah Ambon.

Komandan Lantamal, Antongan Simatupang mengatakan, aksi bersih pesisir pantai dan laut dilakukan dalam rangka memperingati hari Dharma Samudera yang diperingati setiap 15 Januari untuk mengenang peristiwa pertempuran di Laut Aru.

Para peserta dibagi menjadi tiga tim untuk menyisir pantai dan memungut berbagai jenis sampah yang hanyut dan terbawa arus ke laut maupun darat. Sedangkan sektor pembersihan laut menggunakan perahu karet.

Dia mengakui, aksi bersih pantai dan laut di Teluk Dalam Ambon rutin dilakukan jajarannya karena selain menjaga kebersihan, juga keberadaannya sangat penting dalam menunjang aktivitas Lantamal Ambon.

"DIharapkan aksi bersih pantai dan laut ini dapat mengurangi masalah pencemaran lingkungan yang diakibatkan sampah yang dapat merusak ekosistem laut dan sekitarnya," katanya.

Danlantamal juga mengajak masyarakat terutama yang bermukim di pesisir pantai untuk ikut menjaga kebersihan lingkunga serta ekosistem pantai dan laut, sebagai sumber daya ekonomi di masa mendatang.

Sedangkan warga yang bermukim di bantaran sungai diimbau untuk tidak membuang sampah terutama plastik ke sungai karena akan terbawa ke laut saat musim hujan.

"Sampah plastik yang terbawa ke laut akan sulit diuraikan dan menutup permukaan karang, sehingga berakibat terumbu rusak dan karang mati serta ekosistem laut lainnya juga menjadi rusak," katanya. (jimmy ayal/ant)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!