Sekilas Info

Tim SAR Ambon Evakuasi Kapal Layar Denmark yang Terombang Ambing di Perairan Pulau Tiga

Regu Penyelamat dari Kantor SAR ambon mengevakuasi kapal asal Denmark yang mengalami mati mesin di perairan Pulau Tiga, Kamis (27/12) (Humas SAR Ambon)

satumalukuID - Regu penyelamat dari Kantor SAR Ambon menggunakan Kapal Negara (KN) SAR 235 Abimanyu berhasil menemukan lokasi sebuah kapal layar asal Denmark dengan lima kru di sekitar perairan Pulau Tiga, dan menarik kapal tersebut.

"Operasi SAR kondisi membahayakan manusia dilakukan regu penyelamat hari ini terhadap lima orang berkebangsaan Denmark yang menggunakan perahu layar dan mereka terombang-ambing di perairan Pulau Tiga akibat mati mesin," kata Kepala Kantor Basarnas Ambon, Muslimin di Ambon, Kamis.

Menurut dia, operasi penyelamatan dan evakuasi ini dilakukan setelah Kantor Basarnas Ambon menerima laporan dari salah seorang rekan kru kapal tersebut bernama Marc Skjerning dan sedang berada di Kota Ambon.

Regu penyelamat langsung bergerak menuju lokasi pencarian yang berjarak sekitar 25 NM dengan heading 12,71 derajat arah barat laut dari Kantor SAR Ambon.

Lima kru kapal layar berkebangsaan Denmark ini adalah Nikolaj Klindts selaku capten kapal atau shaeling boat BOW, Michele Jnsen, Kristoffer Bundgaard, Mette Folmer, dan Jessie Jay.

"Data awal menyebutkan mereka datang dari Denmark masuk Filipina lalu melanjutkan perjalanan ke Indonesia melalui perairan Kendari, Bitung, dan masuk Ambon," ujarnya.

Namun mereka mengalami mati mesin sehingga terombang-ambing di sekitar perairan Pulau Tiga lalu dilaporkan oleh rekan mereka bernama Mark ke Kantor Basarnas.

Sehingga kapal asal Denmark ini bukannya terdampar atau nyasar, tetapi tujuannya memang adalah Pulau Ambon.

Muslimin menambahkan, saat ini regu penyelamat sedang menarik kapal layar asal Denmark tersebut ke Teluk Ambon. (daniel leonard/ant).

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!