Sekilas Info

Pastikan Stok Kebutuhan Pokok Terjaga, Kemendag RI dan TPID Sidak Pasar Tradisional Mardika Ambon

satumalukuID - Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Maluku menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2019 melakukan Inspeksi mendadak (sidak) di pasar tradisional Mardika Kota Ambon.

Sidak dipimpin langsung Staf Ahli Bidang Perdagangan dalam Negeri Kemendag RI Suhanto didampingi Kadis Indag Maluku, Direktur BI dan Kadivre Bulog Maluku serta tim TPID.

Pantauan di lokasi Sidak pasar Mardika, Rabu (19/12) rombongan staf ahli Kemendag tiba di lokasi sekitar pukul 10.00 WIT langsung mendatangi pedagang sembako, sayur mayur dan daging di sejumlah kios-kios yang ada di pasar Mardika.

Staf ahli Mendag usai melakukan sidak selama kurang lebih dua jam kepada wartawan mengatakan, dari hasil pantau pasar khususnya bahan-bahan pokok masih dalam kondisi stabil, meskipun ada beberpa yang harganya masih variasi khusunya pada harga telor.

"Hampir semua pedagang kita datangi. Khususnya mereka yang berdagang bahan pokok, semua kondisi hargnya masih stabil," akui Suhantu.

Dari pengecekan harga sesuai dengan harga pasaran, untuk gula pasir per Kg Rp 12000, beras medium rata-rata per Kg Rp 10.000, minyak goreng per Kg Rp 12.000, namun yang agak naik tidak terlalu signifikan ada pada harga telor dari Rp 1.200 per butir hingga mencapai Rp.1.700 perbutir.

"Saya tanya kenapa harga telor bisa naik sampai Rp 1.700, itu akibat stok telor semakin berkurang, sambil menunggu suplay masuk dari Surabaya," ujarnya.

Menurutnya, sejauh untuk mengatasi kelangkaan bahan pokok, melalui Indag Maluku akan melakukan langkah-langkah koordinasi dengan pihak Pelindo agar bisa mempercepat pembongkaran barang bahan pokok yang dimuat lewat kontainer.

Untuk itu dirinya menyampaikan kepada warga Maluku bahwa pemerintah menjamin ketersediaan bahan pokok sudah bisa mencukupi kebutuhan khususnya yang ada di Kota Ambon. sehingga berapapun kebutuhan warga akan digelontori oleh pemerintah.

“Kami melakukan ini untuk memastikan stok kebutuhan pokok tetap terjaga dan harga stabil,” katanya.

Dia mengatakan sejumlah harga berbagai kebutuhan pokok memang saat ini masih dalam kondisi stabil dan ketahanan stok akan tetap dijaga, agar mampu memenuhi permintaan masyarakat jelang Natal dan Tahun Baru.

Untuk itu dirinya berharap sekaligus menekan kepada para pedagang agar jangan sekali-sekali mencoba mengambil manfaat dengan kondisi menjelang Natal dan Tahun Baru.

"Kehadiran tim dan saya sendiri, bukan hari ini saja tapi tiap hari, bersama tim satgas pangan dan aparat kepolisian untuk bagaimana melakukan monitor ketersediaan bahan-bahan pokok dan harga tetap terjaga dengan baik," tegasnya.

Di tempat yang sama Kadis Indag Maluku Elvis Pattiselano mengatakan, selain pasar Mardika, sidak juga akan dilakukan di gudang Bulog Galala untuk mengatahui secara dekat ketersidaan stok beras Bulog.

Dari gudang Bulog juga akan dilakukan pada salah satu distributor telor dan daging ayam CV 51 di Passo yang merupakan pengusaha besar di Kota Ambon yang juga menjangkau wilayah Maluku Tengah (Malteng), Buru dan Buruh Selatan (Bursel) termasuk beberapa wilayah lainnya.

Ia juga mengakui kalau kondisi bahan pokok untuk Maluku khususnya di Kota Ambon masih dalam kondisi Aman. (SM-10)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!