Sekilas Info

Sekjen Kemenag RI Apresiasi Prestasi Kakanwil Agama Maluku

satumalukuID - Sekreteris Jenderal (Sekjen) Kementerian Agama (Kemenag) RI, Prof Dr. H. Nurkholis Setiawan MA mengakui preatasi Fesal Musaad sebagai Kakanwil Kemenag Maluku yang mendapat peringkat pertama dalam persentase proyek perubahan embarkasi haji antara.

"Ini kan pak Kakanwil Kemenag Maluku baru lulus dari Diklat PIM II Kepemimpinan di kampus Jatinangor Bandung, tentu saya bersyukur dan ikut berbangga, karena prestasi yang dicapai Musaad luar biasa yang terbaik dari seluruh Kementerian dan lembaga di Indonesia," kata Sekjen usai menyerahkan buku perubahan proyek embarkasi haji antara Maluku di aula Kemenag Kota Ambon, Sabtu (15/12/2018).

Menurut Nur Kholis, prestasi terbaik istimewa yang dicapai Kakanwil Kemenag Maluku Fesal Musaad, karena mampu meyakinkan tim penilai, baik itu mentor maupun penguji dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) dalam mempresentase proyek perubahan yang menjadikan Maluku sebagai embarkasi haji antara jemaah haji Indonesia di wilayah timur.

Oleh sebab itu dari sisi geografis Maluku sebagai provinsi kepulauan, pihak Kemenag RI sangat memahami dengan kondisi tersebut, sehingga perlunya ada dukungan dari pemerintah pusat melalui Kemenag. "Intinya saya setuju Maluku dijadikan sebagai embarkasi haji antara di wilayah Indonesia timur," ucapnya.

Dalam kondisi perjalanan haji di Maluku sebelum tiba di Jedah, sudah meluangkan waktunya kurang lebih sembilan hari yang dimulai dari perjalanan dari daerah asalnya masing-masing hingga ke provinsi dan dari provinsi menuju embarkasi haji Makasar, sehingga waktu yang terbuang ini tidak lagi perlu harus ada.

Selain waktu ada peningkatan biaya perjalanan menuju embarkasi baik selama di provinsi maupun embarkasi haji Makasar yang sedianya juga harus mengeluarkan biaya dan semuanya dapat terhapus jika Maluku sudah memiliki embarkasi haji antara sendiri.

"Belum sampai ke tanah suci, sudah sembilan hari dari daerahnya masing-masing, sampai nanti kemudian berada di embarkasi Makasar, padahal ini sudah sangat membuang waktu mereka yang pergi haji." bebernya.

Untuk itu dari tupoksi Sekjen Kemenag Maluku harus dapat memberikan dukungan sepenuhnya bagi Kemenag Maluku bersama Pemda Maluku yang menginginkan daerahnya dijadikan sebagai embarkasi haji antara di masa yang akan datang. (SM-10).

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!