Sekilas Info

Pemkab Buru Selatan Rayakan Natal dalam Kesederhanaan Namun Hikmat

Wakil Bupati Buru Selatan Ayub Seleky berfoto bersama anak-anak yatim piatu yang menerima santunan pada Perayaan Natal Pemkab Buru Selatan di Namrole, Rabu (12/12/2018) lalu. Foto Humas Bursel

satumalukuID - Pemerintah Kabupaten Buru Selatan (Bursel), Maluku, merayakan Natal Kristus 2018 berlangsung di aula Kantor Bupati Bursel, akhir pekan kemarin.

Pada kesempatan itu Wakil Bupati Buru Selatan (Bursel), Ayub Seleky mengapresiasi perayaan Natal Pemerintah Kabupaten Bursel yang dilaksanakan dalam kesederhanaan dan penuh hikmah.

Seleky mengaku bangga karena yang beragama muslim juga turut hadir dalam perayaan ini.

"Saya ingin menegaskan beberapa hal kepada kita semua selaku aparatur sipil negara (ASN) dalam pemerintahan kabupaten Buru Selatan. Terutama terhadap tugas-tugas pokok kita selama tahun 2018 ini masih banyak kekurangan yang kita alami," tutur Wabup.

Dikatakan, perayaan ini menggugah untuk bagaimana kita menyikapinya dan membuat sebuah pandangan baru tentang menata pemerintahan dan loyalitas kerja.

"Saya lihat pejabat-pejabat eselon akhir-akhir ini banyak yang menghilang. Saya lihat malam ini saja banyak tidak ada, yang Kristen saja juga tidak ada ini, tak tahu ke mana," ungkap Seleky.

Seleky berharap hal ini menjadi catatan bagi ASN selaku penyelenggara negara kepada pemerintahan kabupaten Bursel.

Menurut Wakil Bupati dua periode ini, bahwa ASN selalu mengabaikan hal-hal yang menjadi rutinitas tugas sesuai tupoksi. Dan untuk itulah ia katakan bahwa tahun ini akan berakhir.

"Jika kita tidak berganti sikap dan perilaku terutama dalam peningkatan pembinaan disiplin maka disclamer yang selama ini menjadi bawaan kita akan terus menyertai," ujar Seleky.

Dikatakan, ia bersama bupati telah bersepakat, jika (ASN) ingin bermain-main lagi dengan pemerintahan ini, maka dalam beberapa waktu ke depan mereka akan segera melakukan pelantikan kepada pejabat Esolon III dan Esolon IV.

Dikatakan, pesan-pesan ini harus ia sampaikan karena menurutnya apa yang disampaikan adalah bagian dari pesan perayaan karena Natal kali ini berpesan seperti itu.

Dalam semangat itu pula, pejabat-pejabat yang akan dipromosikan dalam jabatan Esolon III dan IV, Seleky lebih awal mewarning jangan sampai hanya mau jabatan saja, maka berada di kantor.

"Tetapi setelah dilantik, seng dengar bunyi tampa kaki lai," tuturnya dengan dialek lokal.

Seleky mengingatkan lagi, bagi yang ingin dipromosikan dalam jabatan semua itu ditentukan oleh KSN.

"Rekomendasi telah diterbitkan dalam kaitan dengan pemilihan, dan seleksi Sekda suda mulai berjalan. Setelah pilpres kita akan seleksi pejabat Esolon II. Bagi Esolon III dan IV direncanakan tanggal 19 mendatang akan segera dilakukan," jelasnya.

Ia kembali menyampaikan harapannya agar semua (ASN) segera berbenah diri secara pribadi, secara organisasi didalam tugas masing-masing.

"Dengan demikian kita bisa merubah perilaku cara pandang dan sikap kita untuk melakukan tugas-tugas ke depan," ujarnya.

Terhadap perayaan natal yang dilaksanakan ini, Seleky mengaku bangga karena ASN yang beragama muslim turut hadir dalam perayaan natal tersebut.

"Buat basudara muslim semua sama-sama dengan beta, terima kasih banyak atas dukungan sama-sama dengan katong umat kristiani merayakan natal pemerintah daerah," ujarnya. Seleky juga menyampaikan terima kasih kepada Kandepag Buru Selatan Usman Bahta yang turut hadir dalam perayaan ini.

Ia berharap dengan perayaan Natal Pemda Bursel ini terus menjaga kekeluargaan dan silaturahmi yang utuh. "Atas nama pemerintah daerah, saya dan pak bupati menyampaikan selamat Natal 25 Desember 2018 dan selamat Tahun Baru 1 Januari 2019," ucapnya.

Perayaan Natal tahun ini bertemakan, "Sediakan tempat bagi Yesus dalam rumahmu (Lukas 2:1-7). Sedangkan sub tema, "Dengan semangat Natal Kristus kita wujudkan masyarakat rukun yang religius".

Hadir pada saat itu, selain Wakil Bupati, Kepala Kantor Kementtian Agama Bursel, Usman Bahta, Kabag Kesra M.Mony, Kadis Tata Kota Melkior Solissa, sejumlah anggota DPRD.

Pembakaran lilin Natal oleh wakil bupati, dan Sami Latbual selaku anggota DPRD serta seorang pendeta dan Kabag Kesra M. Mony.

Di perayaan Natal ini juga diberikan santunan bagi 22 orang anak yatim piatu oleh wakil bupati dan pejabat lainnya. Santunan natal ini atas kerja sama pemda dan beberapa bank yakni Bank Moderen Expres, BNI, BRI dan Bank Maluku yang ada di kota Namrole. (BS-01)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!