Sekilas Info

Ajang Makanan Sehat di Amboina Farmers Market Pattimura Park

satumalukuID – Pemerintah Kota Ambon menyelenggarakan Amboina Farmers Market (Pasar Tani) di Pattimura Park, Sabtu (15/12/2018). Event ini dimaksudkan untuk mengampanyekan makanan yang aman dan sehat bagi masyarakat.

Pasar Tani kali ini bukan seperti pasar pada umumnya, melainkan pasar khusus menjual hasil pertanian tanpa melalui pihak ketiga atau pedagang pengumpul, sehingga harga yang ditawarkan relatif murah. Barang yang dijual di antaranya sayur organik,sayur dan tanaman hydroponik, tanaman hias serta hasil-hasil kerajinan yang dijual langsung oleh petani organik dan pengrajinnya sendiri.

Amboina Farmers Market juga bukan sekedar tempat berkumpulnya sekelompok pedagang yang berjualan layaknya pasar. Tetapi juga merupakan ajang silaturahmi komunitas yang datang dari bidang keilmuan berbedadengan spesialisasi tertentu, seperti pertanian  pemasaran, pendidikan, kesehatan dan lingkungan.

Sekkot Ambon A.G Latuheru dalam sambutanya menyampaikan tujuan digelarnya pasar tani ini adalah untuk mempertemukan produsen lokal yaitu petani organik dengan pembeli, baik skala kecil maupun skala besar. Selain itu menjadikan kegiatan ini sebagai arena festival sosial budaya masyarakat yang dapat berkontribusi pada pembangunan pertanian berkelanjutan di Maluku.

“Kehadiran pasar tani ambon akan mempermudah akses masyarakat untuk menuju dan membeli produk pertanian organik dan hydroponik yang bebas bahan kimia sintetik, olahan makanan yang sehat, yang pada akhirnya menjadi solusi dan aspek yang baik bagi kesehatan, pemasaran produk lokal serta membantu pemerintah kota ambon untuk menggerakan ekonomi rakyat,” ungkap Sekkkot. (mg-15)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!