Sekilas Info

35 Siswa SMA Negeri Siwalima Ambon Ikuti Seleksi Beasiswa S1 dari Pemerintah Rusia

foto ilustrasi siswa-siswi SMA Siwalima Ambon saat mengikuti upacara di sekolah beberapa waktu lalu.

satumalukuID - Sebanyak 35 dari 99 siswa/siswi kelasXII SMA Negeri Siwalima Ambon siap mengikuti seleksi program beasiswa kuliah S1 dari pemerintah Rusia. Dibanding tahun lalu, jumlah tersebut mengalami peningkatan dimana hanya terdapat tujuh siswa alummi tahun ajaran 2017/2018.

"Alhamdulilah kalau tahun lalu hanya tujuh anak yang mengikuti program beasiawa ke Rusia, tapi tahun ini ada peningkatan peserta didik yang mengikuti program beasiswa ke Rusia yang sudah lolos adiminstrasi terdapat 35 orang," ungkap Wakasek Hukmas SMA Siwalima Ambon,Wiwin Musi, Kamis (13/12/2018).

Menurutnya, saat ini ke 35 peserta didik yang telah lolos untuk mengikuti seleksi tingkat nasional di Kedutaan Rusia di Jakarta sedang dalam proses pendampingan adiminstrasi. Selanjutnya mereka akan dikirim ke Kedutaan Rusia di Jakarta, pada bagian pusat kebudayaan Rusia yang menangani program beasiswa.

"Sekarang ini mereka dalam tahap penyelesaian administrasi dan tinggal menunggu di interviu," timpalnya.

Terkait dengan program beasiswa, kata Wiwin, bahwamengingat belum adanya kerjasama dengan pihak Kedutaan, siswa hanya mengetahui melalui internet. Selanjutnya para siswa sendiri yang mengajukan permohonan mendaftarkan diri sebagai peserta program beasiswa kuliah di Rusia selama kurang lebih 4 hingga 5 tahun.

"Selama ini anak-anak mendapat info program beasiswa lewat online, kami hanya bersifat membantu dengan menghadirkan salahsatu pakar bahasa Rusia yakni. Ibu Kristin. Beliau juga yang membantu tujuh siswa sebelumnya dalam bentuk memberikan penguatan pada anak-anak didikkami," jelasnya.

Dikatakan, siswa yang mengikuti program beasiswa S1 diRusia merupakan siswa kelas XII yang nantinya akan lulus di tahun ajaran ini, sehingga diharapkan dalam seleksi tingkat nasional semuanya bisa lolos.

Dengan demikian pihak sekolah berharap agar 35 siswa dalam seleksi tingkat akhir di pusat Kebudayaan Kedutaan Rusia dapat mencapai hasil yang maksimal sehingga semuanya bisa melanjutkan studinya di perguruan tinggi Rusia.

"Mengingat ini beasiswa, kami harap semuanya bisa lolos, apalagi anak-anak juga memiliki niat besar kuliah di sana, mengingat Rusia didunia global memiliki perkembangan luar biasa, sehingga mereka punya banyak pilihan mengambil jurusan teknik migas, grafis dan pariwisata. termasuk kedokteran," ungkap Wiwin. (SM-10)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!