Sekilas Info

2.300-an Honorer Didaftarkan ke BPJS TK, Pemkot Tual Diberi Penghargaan

satumalukuID - BPJS Ketenagakerjaan memberi penghargaan untuk Pemerintah Kota (Pemkot) Tual atas peran aktif dan kepedulian terhadap perlindungan pegawai pemerintah bukan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Dilaksanakan di Aula Pandopo Yarler Tual, Jumat, penghargaan itu diserahkan Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Maluku, Alias Muin kepada Wali Kota Tual Adam Rahayaan.

Alias menyatakan BPJS Ketenagakerjaan diberikan mandat oleh UU untuk menyelenggarakan empat program jaminan sosial kepada pekerja yaitu JKK, JKM, JHT dan JPN.

Sesuai dengan Perpres 109 Tahun 2013, Pegawai Pemerintah Non ASN atau honorer/tenaga kontrak harus diakui sebagai pekerja yang telah mendedikasikan diri untuk kemajuan daerah, sehingga wajib mendapatkan perlindungan jaminan sosial.

Seluruh pekerja di Pemkot Tual dengan status honorer atau penyebutan lain sebanyak 2.300- an orang telah didaftarkan dalam perlindungan Jaminan Sosial Ketengakerjaan meliputi Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian.

Atas niat baik dan kepedulian Pemerintah rovinsi/Kabupaten/ Kota dalam hal itu, maka Direksi dan Manajemen BPJS Ketenagakerjaan memberikan penghargaan.

"Saya mewakili direksi untuk menyerahkan Piagam Penghargaan Kepada Wali Kota Tual, dan penghargaan ini baru Pemprov Maluku, Pemkot Ambon dan Pemkot Tual yang mendapatkan," katanya.

Ia juga menyatakan BPJS-TK melalui Kantor Cabang di Tual selalu siap bersinergi bersama Pemkab setempat untuk mewujudkan seluruh pekerja di daerah ini mendapatkan hak perlindungan sebagaimana yang telah dijamin dalam konstitusi.

Wali Kota Tual, Adam Rahayaan ketika menerima penghargaan tersebut menyampaikan, penghargaan ini tidak lantas dimaknai sebagai apresiasi BPJS Ketenagakerjaan semata.

Namun, lebih tepat ditujukan untuk lebih mendorong semua pemberi kerja di Tual untuk senantiasa memberikan hak yang selayaknya bagi pegawai honerer maupun kontrak.

"Apresiasi saya sampaikan bagi semua pihak yang telah bersungguh-sungguh sekuat tenaga dan pikiran, bekerja dengan ikhlas tanpa pamrih, sehingga Pemkot Tual menerima penghargaan ini," kata Adam.

"Semoga hari ini, dengan penghargaan yang diterima Kota Tual, menjadi momentum untuk mewujudkan Kota Tual sebagai kota inspiratif sadar Jamsostek," tandasnya. (jimmy ayal/ant)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!