Sekilas Info

Tunggu Penetapan Pusat, Dipastikan Hanya 134 Peserta yang Lolos Seleksi CPNS Kota Ambon

Foto ilustrasi tes CPNS

satumalukuID - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon sementara menunggu hasil Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) calon pegawai negeri sipil(CPNS) pada 8-9 Desember 2018 yang diikuti 275 peserta dari panitia seleksi nasional (Panselnas) "Peserta yang lulus seleksi Kompetensi Dasar (SKD) telah mengikuti tes SKB, hasilnya masih menunggu penetapan dari Panselnas, " kata Kepala Badan Kepegawaian Kota (BKK) Ambon, Benny Selanno, Rabu.

Ia mengatakan, 275 peserta tersebut memperebutkan sebanyak 134 formasi, sehingga dipastikan sebanyak 141 orang akan gugur seleksi tersebut, mengingat SKB merupakan seleksi terakhir.

Setelah mengikuti SKD dan SKB, maka hasilnya peserta yang dinyatakan lulus akan melengkapi berkas sesuai dengan permintaan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).

"Tidak ada tahapan lanjutan karena setelah hasil seleksi keluar dengan penentuan rangking sesuai nilai peserta, maka selanjutnya peserta hanya melakukan pemberkasan sesuai petunjuk BKN," katanya.

Benny menjelaskan, hasil akhir yang ditetapkan Panselnas dengan perhitungan 60 persen hasil SKB dan 40 persen SKD.

"Hasilnya seleksi masih menunggu beberapa hari kedepan, karena belum diputuskan Panselnas," ujarnya.

Diakuinya, dari 275 peserta yang mengikuti seleksi, formasi paling banyak diisi tenaga kesehatan yakni dokter, guru dan tenaga teknis lainnya.

"Sejak awal seleksi tenaga kesehatan dokter paling banyak diminati, tetapi pelamar yang lulus nilai ambang batas awal hanya tiga orang, tetapi setelah dilakukan perengkingan sebanyak 12 pelamar masuk tahapan selanjutnya. Kita berharap hasilnya memuaskan guna peningkatan pelayanan kepada masyarakat," tandasnya.

Ia menambahkan, jumlah ASN Pemkot Ambon saat ini sebanyak 5.324 orang, jumlah tersebut yang terbanyak adalah guru mencapai 2.000 orang, ditambah tenaga kesehatan.

"Jumlah tersebut belum ditambah ASN yang memasuki masa pensiun, sehingga tentunya masih belum mencukupi. Kita berharap hasil seleksi mencukupo formasi yang ditetapkan," kata Benny. (penina f mayaut/ant)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!