Sekilas Info

Tiga Oknum Polisi di Maluku Diproses untuk Dipecat

satumaluku.id - Dalam waktu dekat, tiga oknum polisi di wilayah Polda Maluku akan menjalani proses sidang dan dipecat dari tanggungjawabnya sebagai anggota Polri.

Ketiga oknum Polri itu adalah Brigpol ERL yang menjadi tersangka kesengajaan penembakan Vlegon Pitries hingga tewas, Brigpol A anggota Polres Buru dan Brigpol N anggota Polsek Waeapo.

Kepastian ini disampaikan Kapolda Maluku, Irjen Pol Royke Lumowa kepada wartawan di Polda Maluku, Senin (3/12/2018).

Dikatakan, Brigpol ERL akan menjalani proses hukum pidana, dan setelah itu baru dilanjutkan dengan sidang kode etik kepolisian. Selanjutnya tidak menunggu lama untuk dipecat dari institusinya.

“Proses pidananya duluan dijalani oleh tersangka Brigpol ERL, setelah itu baru dilanjutkan dengan sidang kode etik Polri. Sudah pasti ancamannya tersangka akan dipecat dari Polri dan itu tidak perlu untuk menunggu lama. Prosedur hukum benar tidak ada yang pernah dilangkahi dan selaku Kapolda Maluku saya bertekad yang bersangkutan harus dipecat,” tegasnya.

Menurutnya, selaku penegak hukum, seorang polisi seharusnya menegakan hukum bukan membengkokan, dan siapapun anggota Polri yang melanggar penegakan hukum tersebut sudah pasti akan menanggung resikonya.

“Polisi sebagai penegak hukum, kok hukumnya tidak ditegakan malah dibengkokan. Dia sendiri yang melanggar, ya sudah harus tanggung resikonya, bersalah besar,” ungkapnya.

Sementara itu untuk Brigpol A dan Brigpol N juga akan PTDH. Proses PTDH kepada dua anggota Polri tersebut, lantaran diketahui menerima suap dan ikut membantu para penambang illegal di Gunung Botak untuk melakukan penambangan emas yang di kawasan tersebut yang sudah dilarang dan ditertibkan belakangan ini. (MG-01)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!