Sekilas Info

Selama Desember, Tiket Semua Penerbangan Tujuan Jakarta-Ambon atau Sebaliknya Diatas 2 Juta Rupiah

Bandara Pattimura, Ambon

satumaluku.id – Harga tiket pesawat kelas ekonomi semua maskapai penerbangan dari Jakarta menuju Ambon atau sebaliknya dari Ambon menuju Jakarta sepanjang Bulan Desember 2018 ini cukup mahal berada di atas 2 juta rupiah.

Pada salah satu aplikasi penyedia layanan pemesanan tiket pesawat Traveloka yang biasanya menjadi rujukan harga tiket pesawat di Indonesia, terlihat jelas tanggal 3 Desember hingga 31 Desember, range harga kelas ekonomi penerbangan dari Ambon menuju Jakarta berkisar antara 2,1 juta rupiah hingga 2,5 juta rupiah. Hal ini berlaku untuk semua maskapai penerbangan. Begitu juga halnya dengan tarif penerbangan dari Jakarta menuju Ambon, kisaran harganya sama.

Mengenai tingginya harga tiket, sebagaimana dilansir Antara, Maskapai Garuda Indonesia memastikan harga tiket sesuai aturan tarif batas atas yang ditetapkan pemerintah.

"Tarif tiket Garuda masih sesuai aturan pemerintah yakni Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 14 Tahun 2016 tentang tarif batas atas dan batas bawah. Garuda sampai saat ini tidak melanggar keputusan yang ditetapkan," kata Manager Sales dan Marketing Garuda Ambon, Valentri Akila Rurambi, Senin, sebagaimana dilaporkan jurnalis Antara Penina F Mayaut.

Ia mengatakan, kenaikan harga tiket yang terjadi karena periode "peak season" atau menjelang hari raya natal dan tahun baru.

Selain itu juga karena kondisi penumpang yang penuh setiap hari sehingga harga juga disesuaikan, dan bukan karena memanfaatkan momentum hari raya.

"Hal ini terjadi bukan hanya di Garuda tetapi seluruh maskapai, yang pasti penjualan sementara penuh karena trafik yang meningkat," katanya.

Valentri menjelaskan, menjelang natal dan tahun baru pihaknya tidak memberlakukan harga promo, tetapi akan menambah penerbangan untuk rute Langgur Maluku Tenggara dan Saumlaki Maluku Tenggara Barat (MTB).

"Dua rute ini sesuai rencana akan ada penambahan penerbangan mengingat jenis pesawat untuk rute ini kecil sehingga tidak bisa mengakomodir kebutuhan masyarakat jelang hari raya natal dan tahun baru," tandasnya.

Sementara itu Manager Lion Ambon Ramli Mawengkang menyatakan, tidak ada kenaikan harga tiket karena mengacu aturan Kemenhub. "Harga tiket di Lion Grup tidak lebihi harga tertinggi, bahkan bisa dicek bersama di sistem bahwa harganya terendah," katanya.

Ia menambahkan, pemerintah menetapkan angkutan Natal dan Tahun Baru mulai berlaku H-7 hingga H+7 tahun baru. Penetapan masa angkutan hari raya ini berkonsekuensi pada maskapai yang juga menyesuaikan penyesuaian tarif dengan menaikkan harga tiket. (*/ant).

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!