Sekilas Info

Pansus DPRD Kota Ambon Uji Publik Ranperda Kota Layak Anak

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise, bersama sejumlah anak-anak Ambon saat deklarasi komitmen Ambon menuju Kota Layak Anak, November 2018 lalu.

satumaluku.id - Menindaklanjut­i Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yang diusulkan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, panitia khusus (pansus) DPRD Kota Ambon akhirnya melakukan uji Ranperda Kota Layak Anak (KLA).

Uji publik dipimpin langsung ketua Pansus I Juliyana Pattipeilohy dengan didampingi tim pansus lainnya berlangsung di ruang rapat paripurna DPRD Kota, akhir pekan kemarin  dengan melibatkan dinas terkait dan stakeholder.

Maksud dibuatnya Ranperda KLA terlebih khusus untuk melindungi hak setiap anak dari kekerasan secara fisik dan nonfisik.

Kepada wartawan usai memimpin uji publik Ketua Pansus I menjelaskan, Ranperda dirancang untuk memenuhi seluruh hak-hak yang harus dimiliki setiap anak di kota Ambon melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha yang terancana sesuai kebijakan program.

Hal ini dimaksud agar dengan adanya Ranperda kemudian disahkan dalam bentuk Perda, maka dalam membangun sarana prasarana infrastruktur pendukung lainnya hingga nantinya dikelola dalam memenuhi kebutuhan KLA itu akan mengacu pada Ranperda KLA jika nantinya sudah disahkan menjadi Perda.

Dimana Ranperda tersebut merupakan upaya pemerintah menurunkan angka kekerasan terhadap anak yang semakin meningkat terjadi di Kota Ambon.

"Saat ini tidak bisa dipungkiiri, kalau kekerasan yang dilakukan terhadap anak terus meningkat dari tahun ke tahun,” ujarnya.

Berdasarkan data statistik ditahun 2018 tercatat kasus kekerasan yang terjadi di kota Ambon sendiri sudah mencapai 174 kasus. Sehingga dengan hadirnya Ranperda ini bisa diharapkan dapat mampu meminimalisir angka kekerasan terhadap anak, agar tujuan pemerintah Kota Ambon untuk mewujudkan Kota Layak anak dapat terwujud.

Menyangkut dengan Ranperda ini terdapat memiliki isi 13 bab dengan 45 pasal yang hampir semuanya mengatur tentanh hak dari seorang anak. (SM-10).

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!