Sekilas Info

Kalahkan Anggota Kopassus, Prada Fajar Subkhan Cetak Emas untuk Kodam Pattimura

Suasana Kejuaraan Yong Moo Do Piala Kasad ke-8 di GOR Praja Raksaka, Kepoan, Denpasar, Bali. (foto Kodam XVI/Pattimura)

satumaluku.id- Kontingen Yong Moo Do Kodam XVI/Pattimura, untuk sementara berhasil mengumpulkan 1 medali emas, 1 perak dan 2 perunggu pada ajang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Bela Diri Yong Moo Do Piala Kasad ke-8 Tahun 2018 di Denpasar, Bali. Medali emas dipersembahkan Prada Fajar Subkhan (kelas 65 kg) yang mengalahkan Muhammad Iqbal dari Kopassus dengan skor 8-6, Rabu (28/11/2018).

Selain Prada Fajar Subkhan yang berasal dari satuan Yonif RK 732/Banau, kontingen Yong Moo Do Kodam XVI/Pattimura yang meraih medali perak atas nama Pratu Mario dari Yonif 734/SNS (kelas 85 kg) setelah pada babak final kalah dari Jedi Maruli atlet dari Kodam I/Bukit Barisan. Dua medali perunggu lainnya diraih Kopda Franklen Mahulette dan Praka Alexander Inoan masing-masing dari satuan Yonif Raider 733/Masariku.

Siaran pers Kodam XVI/Pattimura menyebut Pertandingan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) bela diri Yong Moo Do Piala Kasad ke-8 tahun 2018 masih berlangsung hingga Jumat (30/22/2018). Kejurnas tersebut diikuti 987 atlet yang berasal dari 21 kontingen jajaran TNI AD dan 24 kontingen Pengurus Provinsi (Pengprov) yang telah terbentuk.

Kejuaraan ini juga akan mempertandingkan delapan kelas perorangan putra mulai dari kelas 60 kg sampai dengan kelas lebih dari 90 kg. Kemudian empat kelas perorangan putri mulai kelas 55 kg sampai dengan kelas lebih dari 65 kg, beregu putra, serta kelas beregu Yong Muhyeung.

Yong Moo Do sendiri merupakan gabungan olahraga bela diri Judo, Taekwondo, Apkido, Sireum, dan Hon Sin Sul dari Korea. Kemudian diadopsi oleh TNI Angkatan Darat sebagai bagian dari bela diri militer yang wajib dikuasai seluruh prajuritnya sejak 2008. Sejak didirikannya Federasi Yong Moo Do Indonesia (FYI) mulai disosialisasikan kepada masyarakat umum pada 2012. Akar dari Yong Moo Do sendiri adalah bela diri Hon Sin Sul. (*)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!