Sekilas Info

Mahasiswa Unpatti Gelar Pameran Kewirausahaan Dukung LPS Pulang Kampus

satumaluku.id- Sejumlah mahasiswa maupun perwakilan beberapa fakultas di Universitas Pattimura, menggelar pameran produk kewirausahawan, dalam rangka mendukung acara Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Pulang Kampus, di Audiotorium Unpatti, Ambon, Selasa (27/11/2018).

Dalam pameran tersebut tersedia beberapa jenis produk yang dihasilkan seperti selada air dengan teknik pertanian organik, yang merupakan produk dari Fakultas Pertanian Unpatti. Termasuk produk kue dari olahan bahan dasar sagu, hingga usaha kopi.

Rektor Unpatti, Prof Dr M. J. Sapteno, menilai produk-produk yang dihasilkan sangat bermanfaat. Terutama pada sektor sayuran dan makanan. "Makanan merupakan kebutuhan dasar yang tiap hari di konsumsi oleh semua manusia, oleh karena itu sangat baik apabila usaha tersebut terus dikembangkan," ungkapnya.

Dia berharap agar produk-produk tersebut dapat ditekuni secara serius, tidak hanya pada saat pameran saja.

Selain itu Sapteno juga katakan, bahwa para pelaku usaha harus memiliki pengetahuan mengenai manajemen dan pengelolaan produk mereka. "Mereka harus dapat menghitung waktu produksi, cara penghitungan pengelolaan, cara perawatannya dan cara menghitung untung ruginya," ujarnya.

Sapteno menyebutkan, para mahasiswa harus dapat menjadi seorang wirausahawan sekecil apapun usaha mereka, agar apabila lulus tidak perlu untuk bertarung dalam dunia pekerjaan, maupun menjadi seorang PNS.

Dia sangat mengapresiasi mahasiswa yang berani mengambil langkah menjadi sorang pengusaha walaupun masih duduk dibangku kuliah.

"Saya pernah bertemu salah satu mantan mahasiswa di pasar mardika, yang kini telah menjadi seorang sarjana hukum. Dia katakann bahwa berjualan di pasar, dirinya dapat menjadi seorang sarjana," terangnya.

Pada saat pameran, Sapteno juga menghampiri salah satu stand milih mahasiswa Fakultas Hukum yang menyajikan produk minuman kopi, dan berbincang dengan beberapa mahasiswa di situ. (MG-02)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!