Sekilas Info

BDK Maluku Adakan Diklat Manajemen Pondok Pesantren

satumaluku.id- Balai Diklat Keagamaan (BDK) Waiheru Ambon kembali meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) jajaran Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku lewat pendidikan dan pelatihan (diklat) manajemen Pondok Pesantren (ponpes), manajmen Tata Usaha (TU) madrasah dan teknis fungsional calon pengawas.

Diklat yang mengusung tema "Menegukan Diklat Pretisius Dengan Diklat Berakreditasi Nasional" diikuti 90 peserta dan dibuka Kabag TU Kanwil Kemenag Maluku Jamaludin Bugis S.Ag mewakili Kakanwil Kememag Maluku yang berlangsung di aula BDK Ambon, Senin (26/11/2018).

Panitia dalam laporan singkatnya menjelaskan, bahwa diklat kali ini dalam rangka pretolisius untuk bagaimana ketiga diklat tersebut dapat berakreditasi nasional. Dimana diklat tersebut nantinya akan diakreditasi oleh lembaga sertifikasi ISO, dengan tujuan semata-mata hanya untuk meningkatkan kualitas diklat seperti yang diharapkan Kepala BDK Ambon, agar dapat lebih meningkatka kualitas dari setiap diklat yang dilaksanakan BDK Ambon.

Termasuk peningkatan sarana prasarana BDK dan peningkaran SDM widiasuara dari S1 menjadi S2 serta S2 menjadi S3. Selain itu BDK Ambon terus lebih meningkata prosea diklat baik bersifat reguler, wilayah kerja dan diklat jarak jauh atau kerja sama.

Sementara tujuan dari diklat sendiri untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian dan sikap serta sikap mental para peserta diklat. Selain itu juga untuk menyamakan visi dinamika politik yang dapat mengembangkan senigritas selama pelaksanaan diklat tersebut. Dengan sasaran dapat mewujudkan 90 peserta disetiap mata diklat yang memiliki kompeten sesuai bidangnya masing-masing.

Kakanwil Kemenag dalam pesan singkatnya yang disampaikan Kabag TU menjelaskan, visi dari lembaga BDK adalah membangun SDM, meskipun secara internal bahwa ASN melik Kemenag tetapi yang memilik kompoten manajemen mengelola SDM ASN ada pada lembaga BDK .

"Kalau biacara soal manajemen satu instansi pemerintah termasuk Kemenag itu tergantumg SDM ASN nya sendiri, sehingga dalam rangka reformasi peningkatan SDM perlu adanya program diklat, seperti yang dilaksanakan BDK Ambon saat ini," ujarnya.

Oleh karena itu diharapkan, agar seluruh peserta diklat dapat mengikutinya dengan serius pada apa yang disampaikan para pemateri dengan harapan dapat diimplementasikan di satker masing-masing demi pengembangan yang lebih baik.

"Ini merupakan forum yang penting untuk anda Insyah Allah dikarerkan menjadi orang-orang yang memiliki kompetensi untuk bekerja pada bidangnya masing-masing, sehingga sekembalinya dapat melakukan pengembangan sesuai materi yang diterima masing-masing," pesan­nya. (SM-10).

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!