Sekilas Info

KBM Ajak Generasi Milenial Berbahasa Indonesia dengan Baik

satumaluku.id-  Kantor Bahasa Maluku (KBM) menggelar Deklarasi Pemartabatan Penggunaan Bahasa Indonesia bersama generasi milenial, di Kawasan Pattimura Park Ambon, Sabtu (24/11/2018), agar anak-anak muda kembali menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari.

Kepala Kantor Bahasa Maluku, Asrif S. S, mengungkapkan, kegiatan deklarasi pemartabatan ini sengaja mengajak generasi milenial, karena mereka merupakan generasi penerus usia Bahasa Indonesia.

Sebab pada era kompetisi global ini, menurut dia, tidak hanya bidang teknologi yang bersaing, namun bahasa juga turut bersaing.

"Kita boleh ikut bersaing dalam kompetisi global, tetapi kita harus tetap mempertahankan Bahasa Indonesia sebagai bahasa bangsa kita. Kita harus maju dan bangga berbahasa Indonesia," tandasnya.

Asrif katakan, pahlawan nasional asal Maluku, Dr. J. Laimena adalah sosok inspirasi yang dibawa oleh Kantor Bahasa Maluku. Karena Dr. J. Laimena merupakan salah satu tokoh asal Maluku yang mengikuti proses Sumpah Pemuda saat dicetuskan pada tahun 1928.

"Dr. J. Laimena manjadi sosok inspirasi bagi kami, sehingga kami mengadakan deklarasi pada hari ini dan ingin kami bagikan kepada generasi muda. Agar perjuangan Laimena dapat diteruskan kembali oleh generasi muda sekarang," paparnya.

Pada kesempatan yang sama Sekertaris Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, Abdul Khak, menyebutkan, pihaknya kembali mengangkat isu Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional, dimulai dengan menggunakan Bahasa Indonesia di ruang-ruang publik.

"Ruang publik adalah visualisasi gambaran muka Indonesia di mata Internasional. Karena itu sekarang kita harus kembali menggunakan Bahasa Indonesia di ruang publik, seperti pusat perbelanjaan dan area-area wisata dan lain-lain," harapnya.

Abdul mengingatkan, agar cinta Bahasa Indonesia jangan hanya diucapkan, namun yang terpenting adalah mempraktekannya dalam kehidupan sehari-hari. (MG-02)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!