Sekilas Info

SUPM Waiheru Terapkan CBT pada Ujian Semester

satumalukuID- Tidak seperti biasanya di setiap pelaksanaan ujian semester dilakukan secara manual menggunakan pinsil kertas, Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Negeri Waiheru Ambon kini telah menerapakan sistem Computer Based Test (CBT).

Selain memperbiasakan siswa dalam menggunakan komputer sesuai waktu yang telah ditentukan dengan CBT dapat menghemat biaya dan siswa secara langsung dapat melihat hasil yang dicapai pada setiap mata pelajaran.

Pantauan di SUPM Waiheru, Jumat (19/11/2018) pelaksanaan ujian semester berlangsung mulai sejak pukul 7.30 WIT yang dibagi dalam dua ruang dengan menggunakan tiga sesi tes.

Pelaksanaan dimulai dari siswa kelas XII untuk setiap jurusan dan setelah itu dilanjutkan siswa kelas XI dan X hingga selesai.

Wakasek Urusan Pengajaran SUPM Waiheru, Haris Sumarno menjelaskan, SUPM Waiheru di tahun 2018/2019 di ujian pertengahan semester pada bulan Oktober, sebelumnya juga sudah menerapkan pola sistim CBT untuk semua tingkatan.

Bahkan penerapan CBT ini merupakan kebijakan dari pihak sekolah dengan mengacu pada ketentuan ujian nasional dengan waktu 30 menit per sesi dan setiap ruang diisi masing-masung 40 peserta untuk dua ruang lab.

"Ini kan merupakan salah satu pembiasaan, sehingga ketika anak-anak masuk dalam Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) mereka sudah tidak lagi kaget untuk menghadapinya," ungka­p Sumarno.

Melalui CBT di setiap sesi diharapkan guru mata pelajaran dan siswa dapat melihat hasil ulangan secara langsung setelah ujian dilaksanakan.

Bahkan dengan adanya CBT ini. Tugas guru diharapkan lebih ringan, tidak perlu lagi mengoreksi hasil ulangan siswa, sehingga dengan sendirinya dapat menghemat waktu dan biaya. (SM-10).

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!