Sekilas Info

31 Calon Anggota KPU Provinsi Maluku Lolos Administrasi

satumaluku.id- Setelah melakukan Pleno Tim Seleksi (Timsel) yang berlangsung Kamis (15/11) di sekretariat Timsel KPU Maluku, dinyatakan 31 dari 41 pendaftar calon anggota lolos seleksi administrasi.

Sementara sembilan lainnya dinyatakan gugur karena tidak memenuhi syarat administrasi. Satu peserta lainnya didiskualifikasi karena terindikasi terlibat partai politik dan tim sukses calon kepala daerah di Pilkada 2018 atas nama Edy Brury T.

31 peserta tersebut nantinya akan mengikuti tahapan tes berbasis komputer atau dikenal computerized asissted technology (CAT).

"41 orang yang mendaftar sepanjang waktu pembukaan pendaftaran calon anggota KPU Maluku. Setelah melewati tahapan administrasi, pemeriksaan berkas dan pleno oleh empat anggota Timsel minus satu anggota Timsel yang sementara bertugas ke luar daerah, maka jumlah peserta yang lolos untuk mengikuti tes selanjutnya ada 31 orang," ujar Sekretaris Timsel Calon anggota KPU Maluku, Anderson Palinussa kepada wartawan di sekretariat Timsel, Sabtu (17/11).

Sementara itu, Ketua Timsel calon anggota KPU Maluku, Dr Normawati menjelaskan, setelah melakukan pleno pada 15 November 2018 oleh empat anggota Timsel minus satu orang, Dr. Sherlock Holmes Lekipiouw yang sedang kegiatan di Jakarta, maka telah memutuskan peserta yang lolos administrasi yang tertuang dalam berita acara nomor 04/BA/81/­­TIMSEL-PROV/XI/2018 tentang penetapan calon anggota Komisi Pemilihan Umum provinsi Maluku periode 2019-2024 yang lulus penelitian administrasi sebanyak 31 orang sesuai lampiran berita acara ini.

Dimana penelitian administrasi dilakukan dengan cara pertama: meneliti semua kelengkapan persyaratan administrasi calon anggota KPUD Maluku, kedua: menilai kompetensi yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemilu, ketatanegaraan dan kepartaian dengan melihat pengalaman kepemiluan dan atau karya tulis atau publikasi, Ketiga: memberikan pembobotan terhadap persyaratan administrasi sesuai dengan format terlampir.

"Sebanyak 41 orang mendaftar. Rinciannya penerimaan dokumen langsung di sekretariat Timsel 30 orang, penerimaan dokumen melalui email sebanyak 39 orang. Hasil penelitian administrasi yang tidak memenuhi syarat 10 orang karena 1 orang terlibat partai politik dan 9 dokumen tidak mengirimkan hard copi asli dan atau tujuan pendaftaran bukan sebagai calon anggota KPU Maluku tetapi calon anggota KPU Kabupaten/­Kota," jelas Ketua Timsel.

Berita acara lanjutnya, ditandatangani lengkap empat anggota Timsel, yakni Dr Normawati, Dr Anderson Leonardo Palinussa, Dr H. Mohdar Yanluan, Dr. Farida Monny.

31 peserta tersebut berasal dari berbagai kalangan, yakni anggota KPU Maluku aktif, anggota KPU kabupaten/Kota aktif, dosen, swasta, LSM, tokoh masyarakat, ASN maupun staf sekretariat KPU provinsi Maluku sendiri.

"Tahapan selanjutnya akan dilakukan tes tertulis berbasis CAT di SMA negeri 1 Ambon pada 19 November 2018 jam 3 sore. Tes akan diawasi langsung oleh tim KPU RI. Semua proses yang dilakukan sifatnya terbuka dan bebas nilai atau independen. Adapun kuota untuk mengisi posisi anggota KPU maluku sesuai aturan lima orang," jelasnya. (MG-01).

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!