Sekilas Info

Unpatti Berdayakan Peternak Ayam Kampung di Negeri Ema

satumaluku.id- Kepedulian pemerintah untuk mengatasi kemiskinan di Maluku terus dilakukan. Kepedulian itu berupa bantuan berbagai lembaga baik itu lembaga sosial maupun lembaga pendidikan. Terkait hal itu, Universitas Pattimura melalui Fakultas Pertanian jurusan Peternakan, terpanggil untuk sejahterakan masyarakat Maluku.

Kepada wartawan staf Dosen Peternakan masing- masing Bercomien J Papilaya, Yusak Labetubun, J. Souhoka mengatakan, Unpatti lewat program kemitraan masyarakat didanai melalui lembaga peneliti dan pengabdian kepada masyarakat hadir di Desa Ema Kecamatan Leitimur Selatan untuk kegiatan berternak ayam kampung.

"Kami buat pertemuan dengan pemerintah desa setelah disetujui mulailah siapkan berbagai kebutuhan." jelasnya.­.

Hal pertama yang dibuat penyuluhan, demonstrasi, itulah yang memotivasi warga Ema untuk tertarik berternak ayam kampung sebagai tambah penghasilan kebutuhsn keluarga. Sebab ternak ayam kampung mudah dan sangat berikan keuntungan selain itu sangat tradisional namun berikan keuntungan.

Sebagai penyemangat buat warga, Unpatti berkeinginan tingkatkan produksi ayam kampung dengan berikan pakan ayam yaitu manfaatkan limbah perikanan, limbah ampas sagu, singkong daun lantoro.

Dikatakan, desa Ema yang kini miliki 757 warga dengan jumlah KK 195 sudah banyak yang terpikat berternak hingga mulai beralih sebagai peternak ayam kampung, karena ayam kampung juga lebih mahal dari ayam ras. Namun pertumbuhan ayam ditentukan faktor lingkungan.

"Jadi kami berharap dengan cara yang sudah diajari masyarakat terus berkembang, berinovasi sebab semuanya akan tingkatkan SDM dan dari semuanya tingkatkan kemakmuran,"ungkapnya.

Sekarang ini warga yang berternak ayam ada 2 kelompok. Mereka juga memiliki mesin tetas. (MG-01)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!