Sekilas Info

Hari Pertama Tes CPNS di Bursel, Hanya Satu Orang Lulus

Penjabat Sekda Buru Selatan A.M Laitupa (tengah) saat meninjau lokasi tes yang berada di Kantor Bupati Bursel, Selasa (13/11/2018). FOTO : ISTIMEWA

satumaluku.id- Hari pertama proses tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang diikuti 248 calon peserta tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) kabupaten Buru Selatan (Bursel) Tahun 2018, berlangsung dalam lima sesi, dimana dari lima sesi tersebut hanya satu orang dinyatakan lulus pada formasi umum bidang Perikanan.

Peserta yang lulus itu atas nama Rian So bernomor tes 780811000077. Dengan perolehan nilai masing-masing TEK 75, TIU 80 dan TKP 144, dengan nilai rata-rata 299.00.

Sesuai jadwal setiap sesi diikuti oleh 50 orang peserta dalam sehari ada 5 sesi. Namun terdapat dua orang pada hari pertama berhalangan dan tidak ada kabar sehingga hanya diikuti oleh 448 peserta.

Dari pantauan Rabu (14/11), proses tes dimulai pukul 08.00 WIT tepat berlangsung di ruang BKD lantai dua Kantor Bupati setempat.

Sebelum para peserta tes masuk didalam ruang CAT, peserta lebih dulu lakukan proses pemeriksaan pencocokan data administrasi peserta di panitia meliputi nama, nomor tes dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Buru Selatan. Pemeriksaan KTP dilakukan untuk menghindari terjadinya joki dalam proses tes tersebut.

Setelah pemeriksaan administrasi, peserta juga harus melalui pemeriksaan metal detektor pada pintu masuk ruang CAT.

Kepala Admin CPNS BKPSDM Kabupaten Buru Selatan, Rein Lesnussa di sela-sela jalannya proses tes CPNS kepada wartawan mengatakan, di hari pertama jumlah peserta tes 250 orang namun hanya diikuti 248 dan 2 peserta tidak ikut.

"Untuk sesi pertama sampai empat tidak ada yang lulus. Kita berharap di sesi ke lima di hari pertama ada yang lulus dan akhirnya ada satu peserta yang lulus di sesi kelima ini," jelas Lesnussa.

Di hari pertama jalannya proses Tes CPNS di Buru Selatan, kata Lesnussa, tidak ada kendala yang sampai merugikan para peserta. Lanjutnya, hanya ada sedikit gangguan PLN (listrik padam), namun dapat diantisipasi dengan mesin genset yang telah disiapkan pihak BKPSDM.

"Melihat sebuah keputusan lulus dan tidak lulus itu ditentukan peserta sendiri. Bukan ada di Menpan, bukan ada di BKN atau di panitia. Tetapi keputusan kelulusan itu pada yang bersangkutan sendiri, peserta tes sendirilah yang menentukan nasib lulusnya," jelasnya.

Lanjut Lesnussa, untuk nilai ambang pasingg grade sesuai Permenpan sudah ditetapkan yaitu TKP 143, TIU 80 dan TWK 75. (BS-01)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!