Sekilas Info

Kapolda: Praktek Ilegal di Gunung Botak Tetap Dipantau dan Ditindak

satumaluku.d- Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa menegaskan, pihaknya tetap memantau, mengawasi dan menindak aktifitas pertambangan legal di Gunung Botak (GB) kabupaten Buru. Karenanya ia berharap, kinerja Satuan Brimob dil ingkup Polda Maluku harus terus ditingkatkan untuk menjaga Kamtibmas di daerah ini.

Hal itu ditegaskan, mengingat sejumlah kasus yang mesti dibantu membackup kepolisian untuk menjaga keamanan yakni di kawasan Gunung Botak (GB), Kota Namlea Kabupaten Buru.
Harapan ini disampaikan Kapolda saat memberikan sambutan pada pelaksanaan Hari Ulang Tahun (HUT) Brimob ke 73 di lapangan upacara Brimob Tantui, Rabu (14/11/2018).

Kapolda menegaskan, segala bentuk praktek-praktek ilegal yang terjadi di Gunung Botak harus diberhentikan atau ditindak. "Siapapun yang terlibat harus ditangkap dan dihukum tidak pandang bulu. Sampai sekarang masih terus berlangsung monitoring tentang kasus ini," ungkap mantan Kakor Lantas Mabes Polri ini.

Bahkan kata Kapolda, pihaknya tahu ada indikasi keterlibatan oknum-oknum polisi. Untuk itu, pihaknya masih melanjutkan untuk menyelidiki. Jika benar dan cukup bukti, maka akan ditindak sesuai prosedur yang berlaku.

"Seorang anggota Polres dan Polsek sudah ditahan. Jika sudah cukup bukti maka akan dipecat," tegasnya.

Kapolda menambahkan, untuk cairan kimia atau racun sianida yang dipakai para penamabang emas ilegal itu harus ada prosedur pengelolaannya yang benar. Ia lantas mencontohkan, kasus Jincan yang pernah ditahan di kawasan Tantui. Namun hingga kini hasil dari Laboratorium Forensik di Makassar belum ada.

"Untuk memperoleh sianida jika penggunaannya tidak benar atau tidak habis dipakai, lalu dia buang ke mana pengelolaan sebelum dibuang ke lingkungan itu sudah benar atau tidak, nah itu yang harus diteliti," kata Kapolda. Untuk itu, ia berharap Kamtibmas harus tetap di jaga agar semua program untuk kemajuan Maluku dapat terlaksana. (*)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!