Sekilas Info

Tuasikal Diprediksi Lolos ke Senayan Dibanding Caleg Nasdem Lain

satumaluku.id- Abdullah Tuasikal (AT), mantan Bupati Maluku Tengah 2 periode, diprediksi bakal melenggang mulus ke DPR RI, Senayan, ketimbang calon legislatif (caleg) Partai Nasdem lainnya. Kalaupun Nasdem mematok dua kursi untuk DPR RI dari Maluku, maka satu caleg lain yang kemungkinan bisa lolos ke Senayan adalah mantan Sekda Maluku Ros Far-Far yang memiliki masa emosional di Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) dan Kota Tual termasuk sebagian di Maluku Tenggara Barat (MTB) dan Maluku Barat Daya (MBD).

Dua nama caleg Partai Nasdem lainnya seperti, Rosita Usman dan Viktor Loupaty juga memiliki potensi dan peluang yang sama menuju DPR RI, namun secara senioritas dan pengalaman dalam berpolitik nama AT tidak asing lagi bagi masyarakat Maluku.

Selaku mantan Bupati Maluku Tengah (Malteng) dua priode, nama AT juga dikenal sebagai politisi yang handal di kalangan masyarakat Maluku, terlebih khusus Maluku Tengah sehingga memiliki basis massa militan.

Menurut Ketua DPC Partai Nasdem Malteng Fatzah Tuanakotta lewat selulernya, Minggu (11/10/2018), kuatnya peluang AT karena masih memiliki basis massa yang militan sehingga sangat sulit untuk caleg lain bisa menandinginya. Mayarakat Malteng sendiri, klaim dia, masih lebih memilih AT.

"Kalau untuk disini, kaka katong masih berpeluang ke AT, selain dari kita Nasdem sendiri, basis masa AT itu masih militan dan masih senangi warga disini," akuinya

Dia juga menjelaskan, bahwa nama AT sudah tidak asing lagi bagi warga Malteng yang selama ini masih merindukan sosok bapak yang bersahaja, terbuka dengan warga dan suka membantu, sehingga terkadang kepentingan pribadinya diabaikan lantaran hanya lebih mendahului kepentingan masyarakat.

Sementara Ketua DPW Partai Nasdem Maluku Hamdani Laturua yang juga dihubungi via selulernya mengatakan, keempat caleg memiliki peluang yang sama dalam berpolitik, namun komitmen Nasdem tetap dua kursi di DPR RI.

"Kalau katong mau hitung-hitung dari keempat itu, semuanya memiliki peluang yang sama, lalu kalau katong mau prediksi itu siapa, hari ini katong belum bisa prediksi, karena masing-masing sudah melakukan konsulidasi yang intens," ujar Laturua.

Sejauh ini sistem kerja kendaraan Partai Nasdem sudah bekerja secara kolektif untuk keempat caleg, tinggal bagaimama masyarakat yang menilai sesuai pilihan masing-masing

Disinggung peluang AT bisa meraih satu kursi DPR RI kata Laturua, dirinya mengakui rekam jejak politik AT sudah melalang buana jauh dimana-mana sehingga bisa saja kemungkinan satu kursi bisa saja diraih AT dengan tim-tim yang sudah dibentuk sejak lama. (SM-10)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!