Sekilas Info

Mantan Kepala BPMD Tual Divonis 1,5 Tahun Penjara

satumaluku.id- Majelis hakim tindak pidana korupsi (timpikor) pada Pengadilan Tipikor Ambon, memvonis mantan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kota Tual, Sukmawati Kabalmay dengan hukuman 1 tahun enam bulan atau 1,5 tahun penjara., Jumat (9/11/2018).

Kabalmay dinyatakan terbukti bersalah melakukan korupsi. "Menyatakan terdakwa secara sah dan meyakinkan terbukti bersalah melanggar pasal 3 Undang-Undang nomor 31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan korupsi," kata majelis hakim diketuai Christina Tetelepta didampingi Rony Felix Wuisan dan Jeffry Yefta Sinaga.

Selain hukuman penjara, Kabalmay juga dihukum membayar denda Rp40 juta subsider satu bulan kurungan dan uang pengganti Rp110 juta subsider dua bulan kurungan.

Seperti diketahui, Sukmawati Kabalmay adalah mantan Kepala BPMD Kota Tual yang menjadi terdakwa kasus dugaan korupsi anggaran pelantikan puluhan kepala desa pada beberapa kecamatan dalam tahun anggaran 2010 dan 2011.

Yang memberatkan terdakwa dihukum penjara dan denda karena tidak mendukung program pemerintah dalam memberantas korupsi, sedangkan yang meringankan adalah terdakwa berlaku sopan dan belum pernah dihukum.

Sebelumnya JPU Kejari Tual, Chrisman Sahetapy menuntut Kabalmay divonis tiga tahun penjara. Karena itu, atas putusan hakim tersebut, pihak JPU menyatakan masih piker-pikir untuk melakukan banding atau tidak. Sedangkan terdakwa melalui penasihat hukumnya Abdusyukur Kaliki, Rizal Elly dan Hendra Musaid menyatakan menerima. (*)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!