Sekilas Info

BPNB Ambon Gelar Festival Musik Hawaian

satumaluku.id- Sebagai bagian dari upaya mewujudkan Kota Ambon sebagai Kota Musik Dunia, Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Ambon menggelar Festival Musik Hawaian 2018, di Gedung Baileo Oikumene, Ambon, Rabu (7/11) malam.

Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Ambon, Rusli Manorek menyebutkan, kegiatan yang menampilkan 17 grup musik hawaiian ini, sebagai upaya mendorong regenerasi jenis musik satu ini.

"Musik Hawaian merupakan identitas orang Maluku, sehingga kami sedang berupaya agar tidak hanya orang tua saja yang menggelutinya, namun harus ada penerus dari generasi muda," ungkap Rusli.

Dia mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan kegiatan belajar bersama Maestro Hawaian, pada kalangan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) di Maluku.

Menurut dia, hingga saat ini sudah ada 18 orang yang terpilih untuk diajarkan secara langsung oleh para senior musik hawaiian. Kegiatan tersebut kami upayakan agar dapat di laksanakan setiap tahun," paparnya.

Festival Musik Hawaian tersebut merupakan salah satu rangkaian acara yang diselenggarakan oleh BPNB Ambon, untuk mendukung Kegiatan Platform Indonesiana yang akan berlangsung pada tanggal 17 November mendatang.

"Rangkaian kegiatan Platform Indonesiana ini telah dimulai sejak tanggal 6 November, yaitu berupa Pameran Kebudayaan. Setelah festival hawaian kami akan menyelenggarkaan kegiatan pagelaran budaya," jelasnya.

Dia katakan ada 17 kelompok musik Hawaian yang mengikuti Festival Musik Hawaian, diantaranya terdapat satu grup musik hawaian yang keseluruhan anggotanya perempuan, yaitu The Ladies Hawaian.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Ambon Music Office (AMO) Ronny Loppies sangat mengapresiasi festival tersebut. Menurut Ronny, musik hawaiian yang juga menjadi satu identitas musik di Kota Ambon, harus terus dipertahankan dan dikembangkan.

"Ini juga bisa menjadi poin untuk mendorong Ambon menu Kota Musik Dunia, yang akan kami ajukan ke United Nations of Education, Scientific, and Culture Organization (UNESCO) tahun 2019 nanti," terang Ronny.

Festival yang dilangsungkan sejak sore hingga malam hari ini, menjadi hiburan tersendiri bagi penikmat musik di kota yang banyak musisi tanah air tersebut. (*)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!